Waspada, Ini 4 Gejala Diabetes Pada Anak

Kesehatan

Waspada, Ini 4 Gejala Diabetes pada Anak

Diabetes merupakan penyakit yang paling banyak dialami orang Indonesia, khususnya orang tua. Namun jangan salah remehkan penyakit yang satu ini, pasalnya diabetes juga bisa diderita oleh anak-anak. walaupun biasanya anak-anak hanya bisa menderita diabetes tipe satu.

Melansir dari hellosehat.com (16/12/2019) diabetes tipe satu terjadi karena adanya gangguan pada fungsi pankreas sehingga tak bisa menghasilkan insulin yang cukup. Hal ini mengakibatkan kadar gula darah tidak terkontrol. Banyak hal yang bisa mengakibatkan anak bisa mengidap diabetes, salah satunya adalah sistem kekebalan tubuh yang salah.

Hal ini bisa dideteksi jika Anda mengetahui gejala yang diperlihatkan pada anak penderita diabetes. Mengutip dari beberapa sumber, inilah beberapa gejala diabetes pada anak.

[Baca Juga: Mengenal Infeksi Saluran Kemih pada Perempuan]

1) Lebih Sering Minum dan Buang Air Kecil

Kadar gula darah yang meningkat pada tubuh membuat tubuh secara refleks meresponnya untuk banyak minum agar glukosa yang berlebihan melalui ginjal. Hal ini membuat buah hati lebih sering ke toilet untuk buang air kecil, karena terlalu banyak cairan yang dikeluarkan, tak heran jika anak lebih mudah haus. Maka dari itu, jika Anda melihat porsi minum buah hati yang tak biasa patut diwaspadai.

2) Infeksi Jamur

Anak-anak yang menderita diabetes, kemungkinan juga mengalami infeksi jamur. Jika anak perempuan Anda belum pubertas dan menderita diabetes, kemungkinan akan memiliki infeksi jamur pada bagian intim. Sedangkan bayi biasanya akan mengalami ruam popok karena jamur.

Waspada, Ini 4 Gejala Diabetes Pada Anak

3) Sering Merasa Lapar

Penderita diabetes biasanya tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk tubuhnya sehingga glukosa atau gula yang masuk ke tubuh tidak mampu diserap secara keseluruhan. Sehingga membuat sel dalam tubuh kekurangan energi, apalagi anak-anak cenderung lebih aktif. Tak heran jika buah hati, akan merasa selalu lapar.

4) Kehilangan Berat Badan Drastis

Anak-anak yang menderita diabetes juga biasanya menimbulkan gejala yang menyebabkan anak kehilangan berat badan dalam jumlah yang cukup banyak. Seperti yang dikutip dari liputan6.com, biasanya anak sangat kurus walaupun mereka lebih sering makan. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat menyerap gula darah hingga jaringan otot dan cadangan lemak menyusut.

[Baca Juga: Bisnis Minuman Praktis Sembuhkan Diabetes di Tangerang]

Selain itu, anak-anak yang mengalami diabetes juga bisa saja mengalami sakit perut, mual, muntah, kesulitan bernafas, dan lainnya. Jika Anda melihat adanya kemunculan gejala di atas, ada baiknya cek ke dokter segera.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 3 years, 1 month lalu
    suki

    GEBYAR KADO CHRISTMAS BULAN DESEMBER DAPATKAN LANGSUNG TAMBAHAN 5% TANPA ADA SYARAT YANG SUKA MAIN GAME SLOTS YANG SUKA MAIN POKER YANG SUKA MAIN BOLA TANGKAS YANG SUKA MAIN ROULLETE DAN BANYAK GAME LAINNYA JUGA...... BURUAN DECH MERAPAT DAN JOIN YACH DI DUPA88,NET INGAAATTT....ANDA BISA KAYA MENDADAK!!