Waspada, Ini Bahayanya Jika Tubuh Kurang Vitamin D

Kesehatan

Waspada, Ini Bahayanya Jika Tubuh Kurang Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar kalsium dan fosfat. Vitamin D ini biasanya didapatkan dari susu, telur, ikan, beberapa sayuran, dan masih banyak lainnya. Setiap orang wajib memenuhi vitamin D harian pada tubuh, pasalnya jika asupan Vitamin D Anda kurang atau tak setimpal maka akan membahayakan kesehatan Anda.

Pasalnya beberapa orang seperti ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, lansia di atas 65 tahun, orang yang jarang terkena sinar matahari, akan lebih rentan saat kekurangan vitamin D. sebenarnya apa saja bahaya yang bisa diakibatkan kekurangan vitamin D?

Merangkum dari beberapa sumber (20/6/2019) inilah bahaya kekurangan vitamin D untuk kesehatan tubuh.

1. Tulang Mudah Rapuh

Vitamin D merupakan vitamin yang penting digunakan untuk pembentuk tulang. Tak heran jika Anda kekurangan vitamin ini, maka berbagai masalah tulang menanti. Vitamin D berperan dalam menjaga jumlah kalsium dan fosfor yang ada di tulang. Vitamin D juga merupakan mineral yang penting dimanfaatkan untuk kepadatan tulang. Kekurangan vitamin D akan membuat tulang Anda jadi lebih rapuh, mudah patah, hingga berisiko osteoporosis.

[Baca Juga: Ini Sumber Kalsium dan Vitamin D Alternatif Selain Susu Sapi]

2. Risiko Mengidap Kanker

Saat Anda kekurangan vitamin D, risiko untuk terserang kanker akan lebih besar. Tubuh yang kekurangan vitamin D berisiko tinggi terkena kanker payudara, kanker prostat, kanker pari, kanker tiroid, bahkan kanker usus. Vitamin D yang Anda konsumsi dapat menangkal virus kanker yang ada dalam tubuh.

3. Mudah Merasa Lelah

Jika Anda merasa lelah, maka Anda akan merasa kesulitan saat ingin beraktivitas karena dapat memengaruhi produktivitas. Sebuah penelitian menemukan hubungan kekurangan vitamin D dengan kelelahan pada wanita. Vitamin D mampu meningkatkan tingkat energi dan menjaga Anda beraktivitas untuk waktu yang lama.

[Baca Juga: Ketika Jiwa Pun Butuh ‘Vitamin’]

4. Demensia

Lansia sangat rentan terkena penyakit akibat kekurangan vitamin D. Sebuah studi bahkan menyatakan jika kekurangan Vitamin D dapat meningkatkan risiko dua kali lipat terkena demensia, termasuk penyakit memori lainnya, yaitu Alzheimer. Untuk menghindari hal ini, konsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur.

Itulah bahaya kekurangan Vitamin D yang bisa saja Anda derita. Maka dari itu, pastikan asupan Vitamin D harian Anda terpenuhi.

Read More

Artikel Lainnya

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.

Suzuki Gelar Servis Gratis Untuk Angkot di Jakarta

Bisnis

Suzuki Gelar Servis Gratis untuk Angkot di Jakarta

11 December 2019, 14:00

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya memfasilitasi 500 angkot, tahun ini ada sebanyak 700 angkot yang akan mendapatkan servis gratis

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

Pendidikan

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

11 December 2019, 13:00

Pengajuan anggaran pembangunan Boarding School SMKN 74, Jakarta Utara perlu dikaji kembali. DPRD meminta Disdik menundanya.

Hj Delima Tatung Rayakan Ulang Tahun ke-90 Dengan Suka Cita

Berita Kawasan

Hj. Delima Tatung Rayakan Ulang Tahun ke-90 dengan Suka Cita

11 December 2019, 12:00

Usia 90 tahun dan masih menjalani hidup dengan gembira, tentu menjadi anugerah yang patut disyukuri. Itulah yang dialami Hj. Delima Tatung dalam perayaan ulang tahunnya di Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.