Waspada, Ini Bahayanya Jika Tubuh Kurang Vitamin D

Kesehatan

Waspada, Ini Bahayanya Jika Tubuh Kurang Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar kalsium dan fosfat. Vitamin D ini biasanya didapatkan dari susu, telur, ikan, beberapa sayuran, dan masih banyak lainnya. Setiap orang wajib memenuhi vitamin D harian pada tubuh, pasalnya jika asupan Vitamin D Anda kurang atau tak setimpal maka akan membahayakan kesehatan Anda.

Pasalnya beberapa orang seperti ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, lansia di atas 65 tahun, orang yang jarang terkena sinar matahari, akan lebih rentan saat kekurangan vitamin D. sebenarnya apa saja bahaya yang bisa diakibatkan kekurangan vitamin D?

Merangkum dari beberapa sumber (20/6/2019) inilah bahaya kekurangan vitamin D untuk kesehatan tubuh.

1. Tulang Mudah Rapuh

Vitamin D merupakan vitamin yang penting digunakan untuk pembentuk tulang. Tak heran jika Anda kekurangan vitamin ini, maka berbagai masalah tulang menanti. Vitamin D berperan dalam menjaga jumlah kalsium dan fosfor yang ada di tulang. Vitamin D juga merupakan mineral yang penting dimanfaatkan untuk kepadatan tulang. Kekurangan vitamin D akan membuat tulang Anda jadi lebih rapuh, mudah patah, hingga berisiko osteoporosis.

[Baca Juga: Ini Sumber Kalsium dan Vitamin D Alternatif Selain Susu Sapi]

2. Risiko Mengidap Kanker

Saat Anda kekurangan vitamin D, risiko untuk terserang kanker akan lebih besar. Tubuh yang kekurangan vitamin D berisiko tinggi terkena kanker payudara, kanker prostat, kanker pari, kanker tiroid, bahkan kanker usus. Vitamin D yang Anda konsumsi dapat menangkal virus kanker yang ada dalam tubuh.

3. Mudah Merasa Lelah

Jika Anda merasa lelah, maka Anda akan merasa kesulitan saat ingin beraktivitas karena dapat memengaruhi produktivitas. Sebuah penelitian menemukan hubungan kekurangan vitamin D dengan kelelahan pada wanita. Vitamin D mampu meningkatkan tingkat energi dan menjaga Anda beraktivitas untuk waktu yang lama.

[Baca Juga: Ketika Jiwa Pun Butuh ‘Vitamin’]

4. Demensia

Lansia sangat rentan terkena penyakit akibat kekurangan vitamin D. Sebuah studi bahkan menyatakan jika kekurangan Vitamin D dapat meningkatkan risiko dua kali lipat terkena demensia, termasuk penyakit memori lainnya, yaitu Alzheimer. Untuk menghindari hal ini, konsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur.

Itulah bahaya kekurangan Vitamin D yang bisa saja Anda derita. Maka dari itu, pastikan asupan Vitamin D harian Anda terpenuhi.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.