Bewara! Kasus COVID-19 Varian XBB Sudah Ditemukan di Kota Bandung.jpg

Kesehatan

Waspada! Kasus COVID-19 Varian XBB Sudah Ditemukan di Kota Bandung

Belum lama ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sudah memberikan wacana kembali mengetatkan kebijakannya usai meningkatnya kasus COVID-19 di Kota Kembang. Di mana saat itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut, belum mengetahui apakah peningkatan ini dipicu atau adakah indikasi disebabkan oleh COVID-19 varian baru, yakni XBB. Berselang beberapa hari setelah itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung membenarkan bahwa COVID-19 varian XBB memang sudah masuk ke Kota Kembang.

Temuan ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Ira Dewi Jani pada 16 November 2022. Dalam kegiatan Bandung Menjawab itu, ia menjelaskan bahwa konfirmasi ini didapatkan usai spesimen dari pasien positif COVID-19 diuji di Laboratorium Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB. Walau begitu, Ira menegaskan, sejak 10 November 2022, pasien yang terpapar XBB itu sudah negatif dari hasil tes COVID-nya.

Bewara! Kasus COVID-19 Varian XBB Sudah Ditemukan di Kota Bandun g.jpg

Salah satu aspek yang perlu digarisbawahi terkait pasien COVID-19 varian XBB pertama di Kota Bandung ini adalah ia tidak pergi ke luar negeri atau ke luar kota serta telah mendapatkan vaksinasi lengkap. “Pasien bukan pelaku perjalanan. Dan sudah divaksin hingga booster pertama. Dosis satu dan duanya CoronaVac, dan dosis ketiganya Moderna,” jelas Ira, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (16/11/2022).

Sekadar informasi, terkait varian XBB, pihak Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memang masih belum mengungkapkan apa varian ini gejalanya lebih parah dibandingkan varian lain sebelumnya di COVID-19. Namun berdasarkan data awal ditemukan bahwa terdapat indikasi XBB memiliki risiko tinggi infeksi ulang yang lebih tinggi dibandingkan sub-varian Omicron lainnya.

[Baca Juga: COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair]

Tentu saja karena ia sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap, gejala yang dialami oleh pasien positif COVID-19 varian XBB itu terbilang ringan. Di mana ia seperti mengalami flu saja dengan demam, batuk, serta pegal-pegal badannya. “Dan hari ketiga swab sampai selesai isoman, sudah tidak ada gejala lagi. Saat ini sudah dinyatakan sehat,” sambungnya.

Peningkatan kasus COVID-19 memang terus terjadi di Kota Bandung yang di mana menurut Ira, angka positivity rate-nya 8,8 persen dengan Bed Occupation Rate (BOR) menyentuh angka 20 persen. Peningkatan ini tak dipungkiri dipicu oleh pelonggaran aktivitas di Kota Bandung. Oleh karena itulah melihat situasi terbaru ini, apalagi ditambah kehadiran varian XBB, Ira meminta warga Kota Bandung kembali disiplin protokol kesehatan dan bila masih ada masyarakat yang belum lengkap dosis vaksinasinya maka agar segera melengkapinya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.