Konsumsi DagingOK.jpg

Kesehatan

Waspada Konsumsi Daging Berlebih Saat Iduladha

Iduladha menjadi momen yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Pelaksanaannya yang diikuti penyembelihan hewan kurban membuat melimpahnya daging yang diterima masyarakat dalam satu hari. Masyarakat biasanya mengolah daging kurban yang diterima menjadi berbagai jenis masakan untuk dikonsumsi hingga beberapa hari kedepan. Namun terlalu banyak mengkonsumsi daging tentulah tidak baik untuk kesehatan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan masyarakat dalam mengkonsumsi dan mengolah daging sehingga kebutuhan gizinya terpenuhi. Luthfia Dewi MGz selaku Dosen Prodi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengatakan bahwa mengkonsumsi daging saat Iduladha memang diperbolehkan tapi tetap harus memperhatikan kesehatan dan sesuai porsinya. “Harus ada porsinya juga, seperti mengkonsumsi makanan sehari-hari saja. Tidak ada kata porsi double, triple. Juga ada asupan sayur untuk menyeimbangkan homeostasis dalam tubuh,” ujar Luthfia.

Konsumsi DagingOK2.jpg

Selain mengatur porsi dan tidak berlebihan, prosentase porsi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi tubuh yang terdapat dalam tumpeng gizi seimbang (TGZ) oleh Kementerian Kesehatan. Luthfia mengatakan bahwa tubuh membutuhkan porsi yang seimbang antara protein hewani maupun nabati. Perbandingan kebutuhan antara protein dan sayuran dalam tubuh berbeda-beda. Protein dibutuhkan tubuh sebanyak dua hingga tiga porsi dalam sehari, berbeda dengan sayuran yang harus dipenuhi tiga hingga lima porsi sehari.

Ia juga mengungkapkan jika salah satu faktor masuknya penyakit ke dalam tubuh salah satunya disebabkan oleh makanan yang mengandung kolesterol dan natrium yaitu daging. Makanan ini memiliki dampak yang sangat besar bila dikonsumsi seseorang dengan penyakit bawaan seperti koleterol, hipertensi dan lainnya. “Kalau tubuh sudah tidak bisa mengkompensasi keseimbangan homeostasis metabolisme di dalam tubuh nanti mudah bagi penyakit masuk,” tambahnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (20/7/2021).

Selain diikuti konsumsi sayur, konsumsi protein juga harus diselingi dengan aktivitas olah raga. Fia sapaan akrab Luthfia mengungkapkan jika konsumsi protein menyumbang energi yang besar bagi tubuh, hal ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Bagi orang yang memiliki tubuh cenderung kurus, protein berlebih tidak terlalu berdampak pada berat badan. Namun berbeda dengan orang dengan berat badan berlebih yang nantinya akan berdampak pada kesehatan hingga kenaikan berat badan. Maka itu, konsumsi protein juga harus diseimbangkan dengan olahraga.

Konsumsi DagingOK3.jpg

Oleh karena itu masyarakat diminta bijak dalam mengkonsumsi daging saat perayaan Iduladha Melimpahnya daging saat momen ini tidak serta merta harus dikonsumsi secara berlebihan sehingga mengancam kesehatan. Masyarakat dapat memanfaatkan teknologi seperti freezer untuk menyimpan daging, sehingga dapat dikonsumsi untuk beberapa hari kedepan. Dengan cara ini konsumsi daging per harinya bisa terkontrol sesuai kebutuhan tubuh. “Sesuatu yang berlebihan pastinya tidak bagus, begitu juga dengan konsumsi daging berlebih, dapat disimpan di dalam freezer,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.