Waspada Meniskus Tear Cedera Tulang Rawan

Kesehatan

Waspada Meniskus Tear! Cedera Tulang Rawan

Meniskus adalah bantalan berbentuk bulan sabit atau huruf C kecil yang melekat antara tulang paha dan tulang kering. Selain menjaga keseimbangan tubuh, keberadaan meniskus membuat kedua tulang paha dan tulang kering tidak saling bergesekan ketika ada pergerakan pada sendi lutut. Meniskus juga membantu mendistribusikan nutrisi ke dalam jaringan dan tulang rawan di sekitar tulang paha dan tulang kering.

Meniskus bisa terluka atau robek saat melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Simak berbagai kondisi yang bisa menyebabkan meniskus robek dan cara mengatasinya berdasarkan lansiran alodokter.com (6/1/2020), seperti berikut.

[Baca Juga: Yoga Dapat Jadi Solusi Olahraga untuk Cedera Lutut]

1) Terjadi di Kalangan Pencinta Olahraga

Meniskus yang terluka atau robek disebut meniscus tear. Di kalangan pecinta olahraga, cedera meniskus kerap disebut sebagai cedera lutut. Robekan meniskus terjadi akibat adanya pergerakan yang memaksa lutut berotasi sewaktu kaki sedang berpijak kuat, misalnya gerakan memutar mendadak ketika bermain sepakbola, futsal, badminton, tenis, atau bermain bola basket.

2) Sering Terjadi pada Usia di Atas 30 Tahun

Robekan meniskus lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 30 tahun yang aktif melakukan aktivitas fisik. kondisi ini juga bisa terjadi bersamaan dengan cedera lutut lain seperti cedera ligamen ACL (anterior cruciate ligament).

3) Melemah Seiring Bertambahnya Usia

Seiring bertambahnya usia, fungsi meniskus dapat melemah dan membuat seseorang lebih mudah mengalami robekan meniskus, bahkan bisa karena gerakan sederhana seperti jongkok atau menginjak permukaan yang tidak rata. Penderita osteoartritis juga rentan mengalami meniskus robek. Pada lansia, robekan atau luka pada meniskus cenderung terjadi karena proses penuaan.

Waspada Meniskus Tear Cedera Tulang Rawan

Gejala Robekan Meniskus

Adapun tanda dan gejala meniskus yaitu sama seperti cedera lutut lainnya, meniskus yang robek dapat membuat Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Bunyi klik saat terjadi cedera
  • Rasa nyeri atau sakit di bagian lutut
  • Lutut terasa kaku dan membengkak
  • Lutut terasa seakan terkunci (tidak mampu menggerakkan atau meluruskan lutut)

Lalu bagaimana diagnosis dan penanganan terhadap cedera meniskus? Untuk memastikan Anda mengalami robekan meniskus, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan yang akan dilakukan meliputi pemeriksaan fisik dan beberapa pemindaian, seperti Rontgen, MRI (Magnetic Resonance Imaging), USG, dan arthroskopi.

Waspada Meniskus Tear Cedera Tulang Rawan

Ada beberapa metode untuk menangani robekan meniskus, yakni metode konservatif, pengobatan medis, hingga prosedur operasi. Penanganan tergantung pada ukuran dan lokasi robekan. Faktor lain yang memengaruhi pengobatan meliputi usia, tingkat aktivitas, dan cedera terkait. Bagian luar meniskus memiliki suplai darah, dan terkadang bisa sembuh sendiri jika robekan berukuran kecil. Sementara, dua pertiga bagian dalam meniskus tidak memiliki suplai darah yang baik. Robekan di area ini tidak bisa sembuh sendiri lantaran kurangnya pembuluh darah yang membawa nutrisi untuk penyembuhan.

Waspada Meniskus Tear Cedera Tulang Rawan

Metode RICE

Untuk robekan meniskus ringan, penanganannya bisa dengan metode RICE, yaitu:

  • Rest atau istirahatkan lutut dan batasi aktivitas Anda. Gunakan kruk ketika berjalan untuk mengurangi rasa nyeri
  • Ice atau kompreskan pada area yang cedera selama 15-20 menit setiap 3-4 jam sekali, selama 2-3 hari atau sampai nyeri dan bengkak hilang
  • Compression atau penekanan dengan perban lentur untuk mencegah pembengkakan bertambah parah
  • Elevation atau mengangkat kaki dilakukan untuk mengurangi pembengkakan. Anda bisa duduk bersandar atau berbaring, dan menaikkan kaki Anda lebih tinggi dengan memberi ganjalan bantal di bawah tumit Anda

Selain dengan metode di atas, penggunaan obat seperti obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) akan membantu meringankan rasa nyeri dan pembengkakan. Mengingat obat ini memiliki efek samping, Anda dianjurkan untuk menggunakan obat ini sesuai saran dan resep dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan fisioterapi dan jenis latihan-latihan peregangan untuk menguatkan persendian lutut dan mendukung pemulihan.

Jika perawatan tersebut tidak memperbaiki robekan meniskus dan bahkan semakin parah, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi, seperti bedah arthroskopi lutut, untuk memperbaiki persendian, mengatasi rasa sakit, dan meningkatkan mobilitas atau gerakan lutut.

[Baca Juga: Jangan Lupa Pemanasan Untuk Menghindari Cedera Ketika Berenang]

Masa pemulihan robekan meniskus bergantung pada sejumlah faktor, termasuk seberapa parah robekan yang terjadi. Kendati berukuran kecil, meniskus adalah bagian penting dari tubuh untuk mendukung Anda beraktivitas, terutama berjalan.

Tindakan pencegahan perlu dilakukan untuk menurunkan risiko cedera, seperti melakukan pemanasan sebelum berolahraga, mengistirahatkan tubuh di sela-sela latihan atau berolahraga, memastikan ukuran dan bentuk sepatu Anda nyaman dipakai, dan menjaga pola makan sehat untuk menutrisi persendian.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 3 years lalu
    rine

    ⁣guys ada kabar baru nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke qqharian,info jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....