Waspada Penularan Norovirus Lewat Makanan yang Tercemar

Kesehatan

Waspada Penularan Norovirus Lewat Makanan yang Tercemar

Untuk mencegah adanya cemaran norovirus pada makanan yang dapat menyebabkan penyakit infeksi usus akut, Anda diharapkan lebih memperhatikan kebersihan dan kualitas makanan yang dikonsumsi. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di China melaporkan adanya kasus luar biasa (KLB) yang disebabkan norovirus. Setidaknya sejak September 2020 ada lebih dari 30 kasus luar biasa yang berdampak pada 1.500 orang. Penularan diperkirakan terjadi melalui makanan tercemar yang dihidangkan di suatu kantin.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sampai saat ini belum ada laporan terjadinya kasus penularan akibat norovirus di Indonesia. Pada laporan surveilans kesehatan pun tidak ada laporan peningkatan kasus diare di masyarakat. "Norovirus ini memang menjadi penyebab diare yang bisa menimbulkan KLB di berbagai belahan dunia. Meski sampai saat ini belum ada laporan kejadian di Indonesia, masyarakat tetap perlu waspada," kata Siti seperti diberitakan kompas.id (22/10/2020).

Waspada Penularan Norovirus Lewat Makanan yang Tercemar

Norovirus bukan merupakan virus baru. Virus ini biasanya ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi dan menyebabkan terjadinya infeksi usus akut atau gastroenteritis. Dalam publikasi di Jurnal of Medical Virology, virus ini juga ditermukan di Indonesia. Publikasi tersebut dilaporkan pada Mei 2020 oleh Juniastuti dan kolega dari Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga. Dalam laporan itu, 14 sampel feses dari 91 sampel yang diteliti mengandung norovirus. Penelitian ini dilakukan pada 2019 di beberapa rumah sakit di Jambi.

Gejala Gastroenteritis

Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang juga Dekan FKUI Ari Fahrial Syam mengatakan, secara umum, gejala yang timbul ketika seseorang keracunan makanan yang terkontaminasi norovirus, antara lain, demam, nyeri perut, mual dan muntah, serta diare. Untuk memastikannya, pemeriksaan laboratorium perlu dilakukan pada sisa makanan yang dicurigai terkontaminasi atau pemeriksaan pada muntahan dan feses pasien.

[Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Konsumsi Makanan Pedas]

Tata laksana penanganan pasien yang terpapar norovirus adalah dengan memberikan obat-obatan untuk menghilangkan gejala penyakit yang muncul. Selain itu, cairan tubuh juga perlu diperhatikan karena biasanya pasien rentan mengalami dehidrasi akibat muntah dan diare.

Pasien disarankan mengonsumsi makanan yang lunak, seperti bubur, dan menghindari makanan yang pedas dan berlemak. "Upaya yang dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi KLB akibat virus ini adalah menjaga kualitas makanan, baik yang disediakan oleh restoran, kantin, maupun di rumah tangga. Selain itu, masyarakat juga harus selalu rajin mencuci tangan pakai sabun sebelum makan," tutup Ari.

Read More

Artikel Lainnya

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.


Comments


Please Login to leave a comment.