3. Kerontokan Rambut dan Uban

Kecantikan dan Fashion

Waspada, Rambut Rontok Tanda Tubuh Kekurangan Kolagen

Kolagen merupakan protein yang menyusun tubuh manusia. Kolagen merupakan salah satu protein yang sangat dibutuhkan manusia karena keberadaannya pada tubuh mencapai 30 persen dari seluruh protein yang ada. kolagen merupakan struktur organik yang membangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Kolagen memang sudah dari awal ada dalam tubuh, namun kadar kolagen juga bisa menurun karena beberapa faktor.

Salah satu faktor utamanya adalah bertambahnya usia, biasanya ketika Anda menginjak umur 25 tahun kolagen Anda secara alami sudah berkurang. Ditambah lagi pola makan yang tak sehat, tingginya konsumsi gula, dan terpapar radikal bebas membuat kolagen semakin cepat menurun. Namun tahukah Anda jika menurunnya jumlah kolagen bukan hanya berakibat pada tingkat elastisitas kulit.

[Baca Juga: Rambut Rontok Setelah Menyisir? Coba 5 Pilihan Sampo Ini]

Namun banyak juga beberapa masala kesehatan yang akan timbul jika tubuh Anda kekurangan kolagen. Mengutip dari berbagai sumber (18/12/2019) inilah tanda-tanda tubuh Anda kekurangan kolagen.

1) Tekanan Darah Tidak Stabil

Mengutip dari cnnindonesia.com, salah satu tanda kurangnya kolagen dalam tubuh Anda adalah tekanan darah menjadi tidak stabil karena tubuh sulit mengatur tekanan darah akibat penurunan produksi kolagen. Hal ini mengakibatkan Anda sering merasakan sakit kepala, sakit pada bagian dada, pusing, dan merasa lemah.

2) Penuaan Dini

Salah satu tanda yang mudah terlihat jika tubuh Anda kekurangan kolagen adalah dengan timbulnya keriput, garis halus, kulit tak lagi elastis, dan tampak kusam. Apalagi jika umur Anda relatif muda dan masih berada di 20tahunan, perubahan pada kulit pasti bisa langsung bisa Anda lihat dan rasakan.

3) Gangguan Pencernaan

Selain pada kulit, kolagen juga terdapat pada pencernaan, kolagen biasanya banyak ditemukan pada usus. Sehingga jika kolagen jumlahnya menurun pencernaan Anda bisa saja terganggu, yang bisa saja Anda alami antara lain perut kembung dan minimnya penyerapan sekresi. Selain itu Anda juga bisa mengalami sindrom usus bocor yang ditandai dengan konstipasi, diare dan penurunan daya tahan tubuh.

Kerontokan Rambut dan Uban

4) Muncul Selulit pada Tubuh

Jika tak ada perubahan berat badan yang signifikan pada tubuh Anda, timbulnya selulit yang tiba-tiba juga merupakan bentuk pertanda jika tubuh Anda kekurangan kolagen. Melansir dari kompas.com, selulit dapat muncul karena ada lapisan lemak di bawah kulit yang mendorong jaringan ikat sehingga mengakibatkan munculnya selulit.

5) Kerontokan Rambut

Siapa yang sangka kerontokan rambut Anda bisa jadi disebabkan karena tubuh Anda kekurangan kolagen? Nutrisi yang ada pada pangkal rambut tidak sampai pada folikel sehingga menyebabkan rambut tampak kusam, tipis, dan bahkan rontok. Pada rambut, kolagen juga berfungsi untuk melawan efek radikal bebas yang bisa merusak tekstur, ketebalan dan pertumbuhan rambut.

[Baca Juga: Penyebab Ketombe dan Permasalahan Kulit Kepala Lainnya]

Itulah beberapa tanda yang biasanya muncul saat tubuh kekurangan kolagen. Untuk menambah jumlah kolagen, Anda bisa mengonsumsi makanan yang memiliki jumlah kolagen tinggi, berolahraga, dan minum asupan vitamin.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.