Waspada Virus Corona Dapat Picu Gangguan Kesehatan Jiwa

Kesehatan

Waspada! Virus Corona Dapat Picu Gangguan Kesehatan Jiwa

Per 19 Maret sore, angka pasien yang positif COVID-19 akibat infeksi Virus Corona baru atau SARS-CoV-2 sudah mencapai angka 309 orang dan terdapat kemungkinan ini dapat terus bertambah. Kondisi ini tak bisa dipungkiri dapat memicu rasa kekhawatiran dan takut akan terinfeksi dari virus yang belum ada vaksinnya ini. Percaya atau tidak hal ini sebenarnya berdampak terhadap kesehatan jiwa Anda, apalagi bagi mereka yang memang sudah memiliki catatan mengidap gangguan kesehatan jiwa.

Kabar mengenai efek Virus Corona ini sedang banyak menjadi perbincangan beberapa waktu terakhir di Barat. Apalagi pandemi ini juga sudah masuk ke dalam tahap krisis akibat banyak ketakutan yang ditimbulkan karena mereka khawatir terinfeksi. Dari mulai merasa khawatir melakukan kontak dengan orang lain, menggunakan transportasi umum, sampai pergi ke ruang publik yang berpotensi menyebarkan COVID-19.

Waspada Virus Corona Dapat Picu Gangguan Kesehatan Jiwa

Kekhawatiran ini dapat memiliki dampak terhadap kesehatan jiwa Anda. Seperti merasa kewalahan atau marah saat mendengar berita mengenai semakin meningkatnya jumlah pasien yang terinfeksi Virus Corona. Selain itu bila tak hati-hati maka kekhawatiran ini akan sangat mempengaruhi Anda dalam berkonsentrasi saat bekerja, apalagi Anda bisa saja melakukannya di rumah dalam keadaan terisolasi pada jangka waktu yang lama. Bahkan sulit tidur pun disebut dapat terjadi akibat rasa takut akan COVID-19.

[Baca Juga: Cara Terangkan Anak Tentang Virus Corona]

Kondisi social distancing yang mengarah ke mengisolasi diri demi mengurangi bertemu orang lain juga sangat berpengaruh kepada kesehatan jiwa Anda. Hal ini tercermin dengan keadaan yang saat ini dijalani hampir semua orang di kota-kota besar Amerika Serikat yang disebut terpaksa mengubah pola hidup mereka. Apalagi tak sedikit orang-orang yang bekerja di bidang layanan seperti di restoran dan salon contohnya, kehilangan mata pencaharian mereka akibat social distancing. Tanpa waktu yang jelas kapan kondisi ini berakhir, tentu saja ini dapat menjadi tantangan berat untuk orang-orang pengidap depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan stres pasca-trauma.

“Kekhawatiran saya adalah bagaimana kondisi ini akan berakumulasi dari waktu ke waktu dan bagaimana orang-orang akan mengatasinya. Isolasi sosial dan kesepian meningkatkan risiko bunuh diri,” jelas Direktur University of Washington’s Center for the Science of Social Connection Jonathan Kanter, sebagaimana dikutip dari huffpost.com (18/3/2020).

[Baca Juga: 3 Langkah Atasi Kekhawatiran Anak Tentang Virus Corona]

Bahkan bagi yang tak menderita gangguan kesehatan jiwa, pandemi COVID-19 juga dapat memiliki dampak negatif seperti yang dipaparkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Organisasi yang menjadi bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu disebut mengakui bahwa pandemi COVID-19 memang dapat menimbulkan stres. Sehingga WHO mendorong agar publik menghindari untuk menonton, membaca, atau mendengar berita yang memang dapat memicu rasa cemas.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.