Waspadalah! Kenali Tanda-tanda Anda Alami Stres

Kesehatan

Waspadalah! Kenali Tanda-tanda Anda Alami Stres

Stres lebih mudah terserang pada seseorang yang memiliki kesibukan yang super padat. Terlalu stres dapat menghasilkan berbagai gejala emosional yang harusnya Anda atasi. Berikut tanda-tanda Anda sudah mulai mengalami stres.

  • Depresi

Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres yang tinggi dan timbulnya depresi

stres kronis dan akut berkontribusi terjadinya depresi yang lebih besar pada wanita. Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi ke pakar psikiater yang efektif mengurangi depresi.

[Baca Juga: Mari Ubah Stigma Negatif Terhadap Layanan Kesehatan Jiwa]

  • Kecemasan

Kecemasan berbeda dari depresi yang ditandai dengan perasaan takut luar biasa, bukan hanya perasaan sedih. Namun, seperti halnya depresi, penelitian menunjukkan bahwa stres mungkin terkait dengan kecemasan dan gangguan kecemasan. Dalam satu studi Trusted Source, peneliti menyelidiki efek tingkat stres di rumah dan bekerja pada tingkat kecemasan dan depresi. Peneliti menemukan, orang yang mengalami tekanan kerja dengan tingkat tinggi lebih cenderung memiliki banyak gejala kecemasan dan depresi.

  • Mudah Marah

Mudah ​​marah bisa menjadi ciri umum orang yang stres. Dalam satu penelitian, tingkat kemarahan yang lebih tinggi dikaitkan dengan stres mental dan kemungkinan lebih mudah terkena serangan jantung. Cara mengendalikannya adalah dengan melakukan teknik relaksasi. Bisa juga mengendalikan kemarahan yang dapat membantu mengurangi stres dalam situasi yang biasanya membuat Anda frustrasi, tegang, atau marah.

  • 4. Kurang Bergairah dalam Seks

Orang yang mengalami stres tinggi dapat berdampak negatif pada dorongan seks dan keinginan untuk berhubungan intim dengan pasangan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat kortisol yang tinggi akan menyebabkan gairah seksual Anda menurun. Untuk meningkatkan gairah seks Anda, hindari stress dan Anda bisa melakukan berbagai cara agar stres Anda berkurang, salah satunya dengan berolahraga.

[Baca Juga: Jangan Takut Konsumsi Obat Demi Kesehatan Jiwa]

  • Melemahnya Daya Ingatan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan tikus remaja yang terpapar stres akut mengalami lebih banyak masalah kinerja ingatan daripada teman mereka yang tidak stres. Para peneliti menemukan bahwa hormon-hormon tertentu setelah peristiwa stres atau traumatis dapat memiliki kemampuan untuk merusak daya ingat. Agar ingatan Anda kembali pulih, ubah gaya hidup Anda yang tidak sehat, hindari minum dan merokok yang dapat membantu menjaga otak Anda tetap sehat.

  • 6. Perubahan Suasana Hati

Banyaknya efek emosional yang timbul akibat stres, membuat Anda akan mengalami perubahan suasana hati yang drastis. Cara untuk mengubah mood Anda jadi lebih baik adalah dengan pergi menikmati alam bebas atau kumpul bersama teman-teman tersayang.

Itulah tanda-tanda emosi atau perasaan yang dapat menimbulkan stres.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.