Waspadalah! Kenali Tanda-tanda Anda Alami Stres

Kesehatan

Waspadalah! Kenali Tanda-tanda Anda Alami Stres

Stres lebih mudah terserang pada seseorang yang memiliki kesibukan yang super padat. Terlalu stres dapat menghasilkan berbagai gejala emosional yang harusnya Anda atasi. Berikut tanda-tanda Anda sudah mulai mengalami stres.

  • Depresi

Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres yang tinggi dan timbulnya depresi

stres kronis dan akut berkontribusi terjadinya depresi yang lebih besar pada wanita. Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi ke pakar psikiater yang efektif mengurangi depresi.

[Baca Juga: Mari Ubah Stigma Negatif Terhadap Layanan Kesehatan Jiwa]

  • Kecemasan

Kecemasan berbeda dari depresi yang ditandai dengan perasaan takut luar biasa, bukan hanya perasaan sedih. Namun, seperti halnya depresi, penelitian menunjukkan bahwa stres mungkin terkait dengan kecemasan dan gangguan kecemasan. Dalam satu studi Trusted Source, peneliti menyelidiki efek tingkat stres di rumah dan bekerja pada tingkat kecemasan dan depresi. Peneliti menemukan, orang yang mengalami tekanan kerja dengan tingkat tinggi lebih cenderung memiliki banyak gejala kecemasan dan depresi.

  • Mudah Marah

Mudah ​​marah bisa menjadi ciri umum orang yang stres. Dalam satu penelitian, tingkat kemarahan yang lebih tinggi dikaitkan dengan stres mental dan kemungkinan lebih mudah terkena serangan jantung. Cara mengendalikannya adalah dengan melakukan teknik relaksasi. Bisa juga mengendalikan kemarahan yang dapat membantu mengurangi stres dalam situasi yang biasanya membuat Anda frustrasi, tegang, atau marah.

  • 4. Kurang Bergairah dalam Seks

Orang yang mengalami stres tinggi dapat berdampak negatif pada dorongan seks dan keinginan untuk berhubungan intim dengan pasangan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat kortisol yang tinggi akan menyebabkan gairah seksual Anda menurun. Untuk meningkatkan gairah seks Anda, hindari stress dan Anda bisa melakukan berbagai cara agar stres Anda berkurang, salah satunya dengan berolahraga.

[Baca Juga: Jangan Takut Konsumsi Obat Demi Kesehatan Jiwa]

  • Melemahnya Daya Ingatan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan tikus remaja yang terpapar stres akut mengalami lebih banyak masalah kinerja ingatan daripada teman mereka yang tidak stres. Para peneliti menemukan bahwa hormon-hormon tertentu setelah peristiwa stres atau traumatis dapat memiliki kemampuan untuk merusak daya ingat. Agar ingatan Anda kembali pulih, ubah gaya hidup Anda yang tidak sehat, hindari minum dan merokok yang dapat membantu menjaga otak Anda tetap sehat.

  • 6. Perubahan Suasana Hati

Banyaknya efek emosional yang timbul akibat stres, membuat Anda akan mengalami perubahan suasana hati yang drastis. Cara untuk mengubah mood Anda jadi lebih baik adalah dengan pergi menikmati alam bebas atau kumpul bersama teman-teman tersayang.

Itulah tanda-tanda emosi atau perasaan yang dapat menimbulkan stres.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.