Waterfront City Akan Ada di Kawasan Sempur dan Pulo Geulis 1.jpg

Berita Kawasan

Waterfront City Akan Ada di Kawasan Sempur dan Pulo Geulis

Workshop tersebut digelar di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor. Untuk meningkatkan kualitas permukiman yang disinergikan dengan naturalisasi Sungai Ciliwung: dari Pulo Geulis hingga Sempur.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor Lorina Darmastuti mengatakan, Program ini mengutamakan sosialisasi ke masyarakat dan identifikasi persoalan yang ada di masyarakat melalui metode serta perencanaan yang partisipatif dengan memerhatikan arahan dari pemerintah agar tidak saling salah mengerti.

Waterfront City Akan Ada di Kawasan Sempur dan Pulo Geulis

“Menaturalisasi sungai akan berdampak pada stop membuang air besar dan sampah secara sembarangan, yang secara signifikan akan memperbaiki kondisi lingkungan, mengembalikan sungai ke alam, tidak tercemar dan secara tidak langsung mengangkat pemukiman yang padat penduduk menjadi lebih baik yang ada di sepanjang bantaran sungai. Maknanya di situ,” ucap Lorina seperti dilansir dari laman kotabogor.go.id (08/03/2019).

Ia menambahkan, pemilihan Pulo Geulis hingga Sempur karena berada di titik strategis, yakni di tengah kota yang melintasi Istana dan Kebun Raya Bogor.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Namun Pemkot Bogor bersama para stakeholder menyadari bahwa program ini masih membutuhkan penyempurnaan karena memerlukan waktu tidak sebentar sehingga setiap tahun segala sesuatunya harus direncanakan, mulai dari penganggaran hingga hal teknis lain.

Menurut Konsultan Pra-Desain Arin Ningsih Setiawan, perencanaan penataan kawasan yang memiliki panjang 3 km ini akan dibagi menjadi lima zona, yaitu zona kultural atau budaya di kawasan Pulo Geulis, zona Kebun Raya, zona permainan Sempur, zona komunitas di Sempur Kaler dan zona ekologi.

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

Kota Bogor direncanakan menjadi Waterfront City di mana Sungai Ciliwung dapat menjadi bagian dari wajah kota yang memberikan keindahan lanskap di area sekitarnya. Menurutnya, Waterfront City merupakan konsep pengembangan daerah tepian air baik itu tepi pantai sungai atau danau.

Disamping itu kata Arin, Sungai Ciliwung akan dijadikan wisata air yang dinamakan Trekking Wisata Suwung (Susur Ciliwung) yang ingin mengintegrasikan sungai menjadi kawasan wisata.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Barat Riko menambahkan, berbicara sungai secara morfologi dan tipologi pasti berbeda, semangat pasti sama tidak ada orang yang tidak ingin berubah. Dirinya menilai paparan yang disampaikan konsultan cukup baik, namun tetap harus melihat kondisi yang ada.

[Baca Juga: Bus Sekolah Gratis Segera Mengaspal di Kota Bogor]

“Kadang kita di atas kertas namun saat di lapangan pengaplikasian bisa berbeda dari rencana. Kita lihat nanti bagaimana teman-teman konsultan mengkoordinir dengan instansi terkait dan yang mempunyai kewenangan. Karena design harus diaplikasikan dan harus memerhatikan sisi teknis dan strukturnya,” kata Riko.

Riko menyebutkan, ada tujuh indikator untuk menilai kawasan permukiman, di antaranya bangunan, kondisi jalan, akses terhadap air minum, drainase dan proteksi terhadap kebakaran. Contohnya kawasan padat penduduk, sering terjadi kebakaran hebat karena akses untuk pemadam kebakaran tidak ada.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.