Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta serta para warga Kota Gudeg tengah merayakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Jogja ke-266. Walau jatuh di tanggal 7 Oktober 2022, perayaannya sendiri sudah dimulai sejak 1 Oktober kemarin. Dari mulai diluncurkan logo HUT Jogja, lalu aksi YoGowes di tanggal 2 Oktober 2022 sampai karnaval para pelajar dari tanggal 3-6 Oktober 2022. Untuk acara puncak di hari H nanti, Pemkot Yogyakarta siap kembali menggelar Wayang Jogja Night Carnival atau WJNC secara luring usai selama dua tahun terakhir difokuskan secara daring.

WJNC 2022 dijadwalkan dihelat di area Tugu Yogyakarta pada 7 Oktober 2022 dengan mengambul tema Lokananta Arjuna Anugraha. Kembalinya digelar Wayang Jogja Night Carnival secara luring ini disinyalir akan direspons positif oleh publik. Karena menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Andrini Wiramawati, selama dua tahun pandemi COVID-19 memicu terbatasnya gelaran WJNC tapi dengan kondisi yang saat ini telah membaik serta situasi PPKM Level 1, maka warga serta wisatawan bisa menikmati WJNC 2022 secara langsung.

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini !.jpg

Dari temanya sendiri, terdapat alasan mengapa Pemkot Yogyakarta memilih Lokananta Arjuna Anugraha yang pada dasarnya setiap kata memiliki maknanya sendiri. Dari Lokananta, kata ini sebenarnya berasal dari nama gamelan sakral yang dipercaya dimainkan oleh para dewa dan hanya dipertunjukan di momen tertentu saja. Berdasarkan kisah, gamelan Lokananta disebut digunakan dalam pernikahan antara Arjuna dan Sembadra serta Baladewa dengan Erawati.

Rencananya di WJNC 2022 nanti akan ada ratusan orang yang dilibatkan dengan mengangkat tema pewayangan yang senada dengan tema dan mereka berasal dari 14 kemantren yang ada di Kota Gudeg. Dengan setiap kemantren akan mengambil tokoh wayang yang berbeda. Contohnya adalah Bathara Durga untuk Kemantren Umbulharji, Arjuna dan Sembadra untuk Kemantren Gondoman, dan lainnya.

[Baca Juga: Rayakan HUT ke-264 di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Pemkot Yogya]

“Ada vehicle terkait tema Lokananta yang akan ditampilkan. Gamelan Lokananta juga akan didampingi para bidadari. Setiap kemantren juga ada vehicle tokoh wayang yang ditampilkan,” ujar Andrini, sebagaimana dikutip dari Warta.Jogjakota.go.id (3/10/2022).

Pemkot Yogyakarta sendiri sudah menentukan rute dari WJNC 2022 yang dimulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Tugu Yogyakarta dan berbelok ke Jalan Margo Utomo sampai ke Gowongan Kidul. Selama kegiatan WJNC akan menutup sebagian ruas jalan di kawasan Tugu Yogyakarta. Penutupan jalan dari pukul 17.00 WIB di simpang Pingit, simpang Jetis utara Tugu Yogyakarta, simpang tiga McD Jalan Sudirman dan simpang empat Gramedia ke barat. Jadi untuk masyarakat yang ingin menyaksikannya dan membawa kendaraan pribadi maka bisa memanfaatkan parkir di sirip-sirip jalan sekitar kawasan Tugu Yogyakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.