Waze Ungkap PSBB Turunkan Lalu Lintas Jabodetabek Selama Ramadhan 2020  (FILEminimizer).jpg

Berita Kawasan

Waze Ungkap PSBB Turunkan Lalu Lintas Jabodetabek Selama Ramadan

Bulan Ramadan di Jabodetabek tahun ini memang sangat berbeda dengan tahun-tahun lalu akibat pandemi COVID-19. Dengan pemerintah daerah di wilayah tersebut menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Corona yang memicu penyakit itu. Salah satu target kebijakan ini adalah pembatasan lalu lintas keluar masuk di wilayah Jabodetabek dan berdasarkan data dari apps Waze, memang terjadi tren penurunan lalu lintas.

Penurunan lalu lintas ini tak terlepas dari PSBB yang memang membuat segala kegiatan di bulan Ramadan 2020 terbatas di rumah. Dari mulai kegiatan pendidikan, perkantoran, sampai tradisi berbuka puasa dan mudik tak bisa dilakukan demi mengantisipasi COVID-19. Demi mengonfirmasi penurunan ini, Waze pun mengumpulkan dan menganalisa tren lalu lintas di kawasan Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, dan Tangerang sebagai representasi Jabodetabek.

[Baca Juga: Penggunaan Transportasi Umum Saat New Normal Masih Dikaji]

Menurut data Waze, penurunan paling besar selama PSBB di kala Ramadan 2020 terjadi di Ibu Kota. Pasalnya, rata-rata kilometer yang ditempuh di DKI Jakarta menurun sekitar 72 persen dan ini terbilang besar dibandingkan kota lain di Jabodetabek. Kemudian di Tangerang penurunannya mencapai 70 persen, Bekasi 60 persen, dan Tangerang Selatan yang turun 55 persen.

“Ramadan 2020 merupakan pengalaman yang tidak biasa bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun, perubahan yang terjadi selama bulan suci tersebut dimaksudkan untuk melindungi masyarakat dari risiko penularan virus,” sebut Country Manager Waze Indonesia Marlin R. Siahaan, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (10/6/2020).

Waze Ungkap PSBB Turunkan Lalu Lintas Jabodetabek Selama Ramadhan 2020 (FILEminimizer).jpg

Tren lalu lintas yang menurun ini disinyalir menunjukkan bahwa kebijakan PSBB serta imbauannya memang efektif dijalankan masyarakat di Jabodetabek. Kemudian selain Ramadhan 2020, Waze juga melakukan pemantauan pada momen hari raya Idul Fitri.

Di mana pada tanggal 24 Mei 2020, Waze melakukan analisa perbandingan terhadap lalu lintas kota-kota di atas dan sebagai pembandingnya adalah rata-rata harian global pada periode 11-25 Februari 2020. Akibat arahan dilarangnya mudik serta silaturahmi secara langsung, tren lalu lintas pun juga menurun dengan yang menduduki peringkat pertama adalah Bekasi. Pasalnya, kota ini turun sekitar 76 persen bilang dibandingkan kota lainnya di Jabodetabek. Kemudian Jakarta yang turun sebanyak 72 persen, Tangerang Selatan 53 persen, dan Kota Tangerang turun sebanyak 38 persen.

[Baca Juga: Hati-hati Angker, KRL Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penularan COVID-19]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.