WHO Berikan Komentar Positif di Puskesmas Kecamatan Setibudi

Kesehatan

WHO Berikan Komentar Positif di Puskesmas Kecamatan Setiabudi

Dalam rangka Field Visit 14th Global Meeting on Public Private Mix (PPM) for Tuberculosis Prevention and Care, World Health Organization (WHO) melakukan kunjungan ke Puskesmas Kecamatan Setiabudi. Mereka tertarik ingin mengetahui perkembangan implementasi PPM TB di Jakarta.

Sebagaimana dikutip depkes.go.id (19/07/2019), Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi menular dari bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dapat menyerang berbagai orang, terutama paru-paru. Penyakit ini bila tidak segera ditangani dengan pengobatan dapat menimbulkan komplikasi berbahaya hingga berujung pada kematian.

WHO Berikan Komentar Positif di Puskesmas Kecamatan Setiabudi

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir Perwakilan Subdit TB dari Kementerian Kesehatan Sulistyo, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Komarunisa, dan Ketua Kelompok Masyarakat Peduli Tuberkulosis (KMP TB) Kecamatan Setiabudi Haryanto.

[Baca Juga: Puskesmas Setiabudi Galakkan Pemberantasan TBC]

Melansir laman beritajakarta.id (19/07/2019), Komarunisa mengatakan, tujuan kedatangan WHO dan 14 peserta dari berbagai negara ini untuk mengetahui perkembangan implementasi PPM TB di Jakarta. "Kami menginformasikan mengenai mekanisme jejaring internal dan eksternal tuberkulosis yang diterapkan oleh Puskesmas Kecamatan Setiabudi," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah peserta dan perwakilan WHO memberikan beragam tanggapan positif. Salah satunya Allan Fabela dari Filipina yang menyebut fasilitas dan aktivitas di Puskesmas Setiabudi telah terorganisasi dengan sangat baik. "This is a very well organized facility with well activity," ungkap dalam bahasa Inggris yang artinya ini adalah fasilitas yang sangat terorganisir dengan aktivitas yang baik.

[Baca Juga: Wakil WHO dari 35 Negara Cek Penanganan TB Puskesmas Kramat Jati]

Peserta lainnya, Khawaja Haeed Ahmaij dari Pakistan mengaku terkesan dengan sambutan yang diberikan. Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Setiabudi di bidang PPM mampu memberikan informasi pencegahan dini TB yang signifikan, yaitu dengan cara berkolaborasi dengan masyarakat setempat.

"Great session! I learned a lot, keep the great collaboration with the community alive," tandasnya mengenai kemampuan berkolaborasi warga yang hebat.

Untuk diketahui, Puskesmas Kecamatan Setiabudi telah membentuk sistem sosialisasi dan edukasi mengenai Tuberkulosis yang berkolaborasi dengan kader PKK, Posyandu dan para pemangku lingkungan melalui pembentukan Komunitas Masyarakat Peduli Tuberkulosis Setiabudi (KMP TB).


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.