Setelah Diisolasi, 2 Pasien COVID-19 Sudah Dinyatakan Sembuh

Kesehatan

WHO Serukan Negara-negara Asia Tenggara Lebih Agresif Hadapi COVID-19

Indonesia dan 10 negara lainnya di kawasan Asia Tenggara adalah rumah bagi seperempat populasi global. Karenanya, Poonam Khetrapal Singh, Direktur Regional Asia Tenggara Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) cukup menyoroti perkembangan penyebaran COVID-19 di kawasan ini, yang terhitung cukup pesat.

Dia memandang banyaknya laporan yang menunjukan pesatnya pertumbuhan pandemi ini bisa dianggap sebagai hal yang positif dari indikator pengawasan dan kewaspadaan. Namun di sisi lain, hal ini menunjukan bahwa Indonesia dan negara lain di kawasan Asia Tenggara harus bekerja ekstra untuk menangani COVID-19.

WHO Serukan Negara-negara Asia Tenggara Lebih Agresif Hadapi COVID-19

“Lebih banyak kelompok penularan virus sedang dikonfirmasi. Walaupun ini merupakan indikasi pengawasan yang waspada dan efektif, ini juga menyoroti kebutuhan akan upaya yang lebih agresif dan seluruh masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19 lebih lanjut. Maka jelas kita perlu berbuat lebih banyak, dan segera," katanya sebagaimana dilansir news.un.org, Selasa (17/3/2020).

[Baca Juga: Apa Arti Status Pandemi dari WHO bagi COVID-19?]

Singh juga menegaskan bahwa angka-angka yang terdapat dari laporan beberapa Negara tersebut jelas menunjukan adanya penularan penyakit virus oleh masyarakat. Dia pun meminta Indonesia dan 10 negara lainnya untuk segera memperlambat penularan, serta mengakhiri wabah.

WHO Serukan Negara-negara Asia Tenggara Lebih Agresif Hadapi COVID-19

“Perlu diarahkan untuk menanggapi situasi yang berkembang dengan tujuan untuk menghentikan penularan COVID-19 sedini mungkin, untuk meminimalkan dampak virus yang telah menjangkiti lebih dari 150 negara dalam rentang waktu singkat yang menyebabkan kerugian besar pada kesehatan orang, masyarakat, negara dan ekonomi. Tindakan mendesak dan agresif adalah kebutuhan saat ini. Kita harus bertindak sekarang,” imbaunya.

[Baca Juga: Pandemi Influenza 1918 Bukti Social Distancing Tekan Sebaran Virus]

Selaras dengan itu, dia juga menyuarakan mengenai pentingnya upaya berkesinambungan untuk mendeteksi, menguji, merawat dan mengisolasi pasien, dan untuk melacak kontak. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk mendukung langkah pemerintah negaranya dengan cara mengikuti saran WHO tentang mengurangi penularan melalui tindakan, seperti mencuci tangan dengan benar, menutupi batuk dan bersin, dan mempraktikkan jarak sosial.

Sekadar catatan, dilaporkan databoks.katadata.co.id, Indonesia mencatatkan tingkat kesembuhan sebesar enam persen, termasuk yang paling rendah di kawasan Asia Tenggara. Hingga hari ini, Rabu (17/3/2020) pagi, jumlah pasien yang sembuh sebanyak sembilan orang dari 172 kasus pasien positif, sedangkan pasien yang meninggal dunia tercatat tujuh orang. Jumlah ini didapat setelah bertambah 38 orang dari pengumuman terakhir yang dilakukan pada Senin (16/3/2020) sore.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.