Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

Berita Kawasan

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat

Terlepas dari segala hal yang menjengkelkan seperti kemacetan dan polusi, Jakarta memiliki banyak tempat wisata budaya yang kaya akan cerita sejarah dan informasi. Mulai museum, pelabuhan, tempat kerajinan batik dan sebagainya tanpa sadar menjadi hal beragam paling ikonik yang bisa ditemukan di kota ini.

Jakarta sering digambarkan sebagai kota metropolitan yang ramai dengan gedung pencakar langit yang menjulang dan lalu lintas jalanan yang penuh sesak. Dibalik itu semua, Jakarta juga menjadi gambaran kota yang penuh sejarah dan keragaman pendudukannya. Apakah Jakarta merupakan kota wisata? Jawaban paling tepat adalah, iya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanpa disadari Jakarta memiliki banyak tempat wisata budaya bisa Anda kunjungi dengan ongkos yang sangat bersahabat untuk sebuah hiburan informatif yang bermakna.

[Baca Juga: Beragam Makanan Pedas dekat Taman Mini Indonesia Indah]

Setelah menelusur kebeberapa laman sumber seperti thenomaden.com (12/11/2019), PingPoint.co.id menemukan beberapa tempat wisata budaya Jakarta yang bisa jadi alternatif liburan akhir tahun Anda.

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat Pelabuhan Sunda Kelapa

1) Pelabuhan Sunda Kelapa

Terlepas dari signifikansi sejarah sebagai tempat lahir Jakarta, pelabuhan Sunda Kepala merupakan salah satu tempat Jakarta dengan pemandangan yang paling menarik. Perahu tradisional yang berjajar rapi di sepanjang pelabuhan tua yang dilukis warna-warni ini memberikan pemandangan klasik yang bisa dinikmati. Kapal-kapal cantik di sini tak jarang menjadi target foto para pengguna media sosial yang ingin mengisi kolum Instagram mereka. Tidak hanya itu, Anda juga bisa bernegosiasi harga dengan nelayan untuk berkeliling perarian sekitar dengan kapal tradisional tentunya. Ketika senja, pelabuhan ini menjadi kawasan paling strategis untuk menangkap selusin foto panorama yang instaworthy.

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat Wisata Rumah Ibadah

2) Wisata Rumah Ibadah

Kebaragam kota Jakarta secara kasat mata dapat dirasakan dari banyaknya bangunan atau tempat ibadah. Hal ini tentunya menjelaskan bahwa Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang sarat akan keagamaan. Meski demikian, keanekaragaman beragama di sini kental dengan sikap toleransi terhadap sesama. Mulai dari Katedral Neo-Gothic, Mesjid Istiqlal hingga kelenteng bisa menjadi tempat wisata budaya di Jakarta. Bangunan kuil-kuil tradisional di sekitar Pecinan juga jadi destinasi wisata panorama yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat Wisata Kota Tua

3) Wisata Kota Tua

Pada era kolonial, kawasan Kota Tua menjadi lingkungan paling menonjol di Jakarta. Kawasan wisata budaya ini menjadi bagian dari sejarah di kota metropolitan yang ramai ini. Daerah ini dipenuhi dengan gedung-gedung pemerintahan tua dan pusat-pusat perdagangan, museum hingga situs-situs warisan bersejarah. Dengan hanya mengendarai sepeda, Anda sudah dapat menikmati suasana klasik Jakarta.

Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat Wisata Taman Mini

4) Wisata Taman Mini

Tempat Ini merupakan tempat terbaik untuk Anda melihat berbagai budaya Indonesia hanya dalam sehari. Berfungsi sebagai miniatur kepulauan yang luas, Taman Mini Indonesia Indah telah mendedikasikan area untuk setiap provinsi atau budaya utama yang ada di Indonesia. Setiap area menyoroti semua yang perlu Anda ketahui tentang budaya, mulai dari rumah tradisional, adat, pakaian, dan sebagainya. Anda juga dapat menjelajahi berbagai museum sains dan alam, menonton film dokumenter di bioskop ikonik, dan menaiki kereta gantung yang melintasi komplek.

[Baca Juga: Aura Mistis Toko Merah Kota Tua Jakarta]

Wisata budaya Jakarta tidak hanya bisa dinikmati jika Anda belum pernah benar-benar menyelami apa yang ada dibalik semua sejarahnya. Mengunjungi tempat-tempat wisata budaya Jakarta lainnya seperti Setu Babakan dan museum-museum, dirasa dapat menjadi hiburan alternatif murah yang cukup menyenangkan di akhir tahun ini.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.