cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Wisata Kali Cemplong, Magnet Wisata Baru di Kabupaten Malang

Letak Kabupaten Malang yang diapit oleh beberapa gunung seperti Gunung Panderman, Buthak, kawi, Arjuno, Semeru dan Bromo, membuat kawasan ini memiliki kontur khas pegunungan dan hawa yang sangat sejuk. Karena kondisi geografisnya tersebut, banyak wisata alam yang ditemukan di kawasan satu ini.

Animo para wisatawan pun cukup tinggi untuk menjelajahi beragam destinasi wisata yang ada di Kabupaten Malang. Dengan banyaknya minat wisata, sebagian pihak pun tergerak untuk meningkatkan potensi wisata alam baru yang ada di Kabupaten Malang. Dengan beragam potensi dan sumber daya alam yang ada, tidak jarang beberapa komunitas pemuda pun tergerak untuk membuat sarana fasilitas alam dengan dana swadaya dari masyarakat.

Hal tersebut pun bisa ditemui di Wisata Kali Cemplong yang diprakarsai oleh para pemuda karang taruna ini.

1.jpg

Kali Cemplong sendiri merupakan sebuah anak sungai dari Sungai Brantas. Sungai ini pun mengalir di sepanjang Kampung Kapiworo. Lebih tepatnya lokasi dari spot wisata ini berada di Jalan Kapiworo III No. 23 A, Keduyo, Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang.

Dulunya, kondisi sungai ini bisa dibilang cukup memprihatinkan karena masih ada banyak limbah yang ditemukan di dalam sungai. Dari permasalahan inilah, para anggota karang taruna mulai melakukan kerja bakti. Inisiatif ini dilakukan untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di sungai agar tidak sampai menumpuk dan menimbulkan banjir. Berawal dari acara kerja bakti tersebut, beberapa pemuda karang taruna yang terlibat pun berinisiatif untuk membuat sebuah obyek wisata sederhana di tepian Kali Cemplong.

2.jpg

Saat memasuki kawasan wisata Kali Cemplong, pengunjung akan disambut dengan gapura dengan tulisan ‘Selamat Datang Kali Cemplong’. Ada banyak spot taman yang ditata sedemikian rupa untuk menarik para pengunjung. Pada sepanjang jalan hingga menuju tepian kali, pengunjung akan disambut oleh banyaknya taman dan pagar-pagar yang dicat warna-warni untuk mempercantik kawasan wisata tersebut.

Bahkan terdapat juga miniatur Menara Eiffel yang terbuat dari kayu. Bagi pengunjung yang gemar berswafoto, maka obyek wisata ini bisa menjadi salah satu bucket list yang layak dikunjungi.

Kepada PingPoint (13/10/2021), Fadil sebagai salah satu pengunjung di Obyek Wisata Kali Cemplong pun turut menceritakan pengalamannya saat mengunjungi obyek wisata satu ini.

“Menurut saya sih, obyek wisata ini bisa menjadi salah satu bucket list wisata murah dan asik di Malang Raya. Memang sederhana, tapi di sini pengunjung bisa melakukan banyak sekali aktivitas ataupun hanya sekadar rileks saja. Selain itu, fasilitas yang disediakan juga banyak,” ungkapnya.

3.jpg

Untuk harga tiket masuk yang hanya dibaderol sebesar Rp5.000 saja, obyek wisata Kali Cemplong sudah menyediakan beragam fasilitas seperti mushola, toilet, karaoke, hingga beragam wisata kuliner di sekitar kali dengan harga yang ramah di kantong. Bagi pengunjung yang menyukai suasana sungai, maka bisa menyewa perahu yang disediakan oleh pihak pengelola.

Jika tertarik berkunjung, spot wisata yang ada di Kabupaten Malang ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Jika ingin mencari suasana yang sepi, maka pengunjung bisa datang pada hari kerja antara Senin hingga Jumat. Karena pada haril libur di Sabtu dan Minggu, biasanya tempat wisata ini akan sangat ramai pengunjung.


Read More

Wisata Kali Cemplong

Tujuan Wisata

None
None

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.