Wisata Kepulauan Seribu Akhirnya Dibuka Kembalit.jpg

Berita Kawasan

Wisata Kepulauan Seribu Akhirnya Dibuka Kembali

Sejak pemerintah pusat memberikan pengumuman penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, semua destinasi wisata di Kepulauan Seribu langsung ditutup. Bahkan kebijakan ini terus dilanjutkan hingga September lalu ketika DKI Jakarta sudah memasuki PPKM Level 3 yang di mana saat itu pembukaan tempat wisata di Ibu Kota masih dalam proses uji coba. Kabar baik datang dengan turunnya status PPKM di DKI Jakarta menjadi Level 2, karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu diberikan lampu hijau untuk pembukaan kembali lokasi wisatanya.

Kabar pembukaan ini sejalan dengan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomo 1245 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 COVID-19. Dalam proses mempersiapkan pembukaan kembali lokasi wisata ini, Pemkab Kepulauan Seribu menggelar rapat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda Kabupaten Kepulauan. Di mana rapat ini digelar dalam rangka mempersiapkan regulasinya.

Wisata Kepulauan Seribu Akhirnya Dibuka Kembali.jpg

Berdasarkan rapat tersebut dibuat peraturan bahwa khusus untuk warga asli Kepulauan Seribu dan petugas saat mereka berada di lokasi wisata wajib menunjukkan bukti sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua. Sedangkan untuk pengunjung yang berasal dari kawasan ini maka selain bukti vaksin, aplikasi Pedulilindungi menjadi hal yang wajib tersemat di ponsel pintar mereka sebelum datang ke Kepulauan Seribu. Karena hasil pemindaiannya akan menjadi hal yang diperiksa oleh petugas.

[Baca Juga: PPKM Darurat, Penyembelihan Kurban Kepulauan Seribu Berjalan Lancar]

“Hasil scan barcode PeduliLindungi berwarna hitam akan dikoordinasikan dengan petugas kesehatan, dan dilarang berangkat. Berwarna merah di dermaga keberangkatan dilarang berangkat kecuali komorbit dengan menunjukan surat dari rumah sakit, dengan tandatangan dokter spesialis. Berwarna orange mendapat perawatan dari petugas, berwarna hijau dapat melakukan aktifitas sesuai dengan ketentuan,” ujar Bupati Kepulauan Seribu Junaedi, sebagaimana dikutip dari pulauseribu.jakarta.go.id (21/10/2021).

Regulasi ini juga mencakup proses masuk ke dermaga keberangkatan dan kedatangan. Di mana akan dibagi menjadi jalur untuk warga yang berdomisli di Kepulauan Seribu dan pengunjung dari luar. Kemudian dari sisi pengelola pariwisata di sini, protokol kesehatan 5M diwajibkan untuk diterapkan dan dari sisi pengunjung, anak-anak usia 12 tahun sudah boleh ikut masuk tempat wisatanya tapi harus dibawa pengawasan orangtua. Kemudian dari sisi kapasitasnya, maksimal pengunjung yang masuk destinasi wisata Kepulauan Seribu hanya 25 persen saja.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.