Wisata Virtual, Alternatif Hiburan Kala Pandemi

Hobi dan Hiburan

Wisata Virtual, Alternatif Hiburan Kala Pandemi

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi COVID-19. Pemerintah pun telah memutuskan untuk menutup sejumlah tempat wisata. Langkah tersebut diambil guna mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2, jenis Virus Corona baru ini di masyarakat.

Meski demikian, belakangan tren wisata virtual juga tengah digalakkan. Sejumlah tempat destinasi wisata dunia seperti Musee d'Orsay di Paris dan Disneyland di Amerika Serikat membuka layanan wisata virtual.

Di Indonesia pun layanan wisata virtual ini juga mulai dilakukan. Baru-baru ini misalnya, Ancol menghadirkan layanan wisata virtual. Vice President Digital Marketing PT Taman Impian Jaya Ancol Ari Kurniawan mengatakan, hal ini dilakukan untuk memenuhi kerinduan masyarakat berwisata.

[Baca Juga: Isi Libur Akhir Tahun, Ancol Luncurkan Dua Wahana Baru]

"Menjawab kerinduan masyarakat berwisata, Ancol menggelar Liburan Virtual di Ancol Taman Impian. Program spesial ini akan dikemas menarik dan membawa pengunjung setia Ancol untuk kembali ke Ancol melalui live streaming Instagram. Tayangan perdananya akan berlangsung pada hari ini mulai pukul 13.00," ujarnya dilansir dari beritajakarta.id (8/52020).

Menghibur Masyarakat

Lebih lanjut Ari menjelaskan, akan ada dua tema yang akan disajikan pada edisi perdananya, yaitu Petualangan Ramadan dengan Sahabat Samudra dan Ngabuburit di Pantai Ancol. Masyarakat dapat mengakses di akun Instagram resmi @oceandreamsamudra dan @ancoltamanimpian.

"Nantinya netizen akan dibawa berpetualang di unit rekreasi Ancol yang sarat dengan unsur edutainment Ocean Dream Samudra untuk melihat keunikan perilaku mamalia laut dan penguin berinteraksi dengan petugas," ujarnya.

Dalam acara tersebut, pembawa acaranya akan menjelaskan perihal asal muasal, jenis makanan yang dikonsumsi, perilaku unik biota dan bagaimana perawatannya. Setelahnya, Anda akan diajak ngabuburit ke Pantai Ancol yang dapat diakses langsung di akun Instagram @ancoltamanimpian mulai pukul 16.00.

Wisata Virtual, Alternatif Hiburan Kala Pandemi

"Netizen yang sudah rindu suasana pantai Ancol akan diajak menelusuri kawasan baru Symphony of The Sea sambil bercerita tentang kenangan di Ancol hingga menikmati sunset di Jembatan Cinta dan berbuka puasa," ujarnya.

Ari mengatakan bahwa program ini merupakan komitmen Ancol untuk tetap menghibur masyarakat di masa pandemi melalui teknologi media sosial. Program ini akan dilakukan sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Jadi bagi semua yang kangen liburan ke Ancol, jangan lewatkan liburan virtual di Ancol Taman Impian dan cek seluruh jadwalnya melalui bit.ly/liburanvirtualancol," tandasnya.

Alternatif Hiburan

Hadirnya wisata virtual ini bagaikan alternatif hiburan kala pandemi. Tak sedikit masyarakat yang merasa jenuh karena harus berdiam diri di rumah sampai masa pandemi berakhir.

Oleh karenanya, adanya wisata virtual ini menjadi hiburan bagi masyarakat yang merindukan kegiatan di luar rumah. Seperti Gusti Maria (25) misalnya, yang menyambut antusias dengan adanya program wisata virtual seperti Ancol.

“Kalo seperti ada Vlog Dufan malah bikin kita kangen dan mau kesana. Serius, saya nonton Vlog Dufan saja jadi ingin banget kesana,” kata Gusti, kepada jurnalis PingPoint (8/5/2020).

Wisata Virtual, Alternatif Hiburan Kala Pandemi

Hal senada juga dirasakan Rizqa Honorius. Menurut perempuan berusia 25 tahun ini hadirnya wisata virtual dapat menjadi penghilang rasa rindu untuk kegiatan di luar rumah dikala pandemi.

Tak hanya itu, menurut Rizqa program wisata virtual seperti yang dibuat Ancol juga dapat menjadi alternatif hiburan bagi masyarakat yang belum pernah ke sana.

“Bisa untuk orang-orang yang belum pernah ke Ancol. Kalau saya lebih ke tempat-tempat yang belum dituju,” kata Rizqa.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penutupan sementara untuk sejumlah destinasi wisata Ibu Kota (14/3/2020). Selain Ancol, beberapa daftar tempat wisata yang ditutup tersebut yakni, Kawasan Monas Ancol, Kawasan Kota Tua, Taman Margasatwa Ragunan, Anjungan DKI di TMII, Planetarium Jakarta dan Taman Ismail Marzuki dan sejumlah museum.

[Baca Juga: Metode Karyawisata di Taman Impian Jaya Ancol]

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.