Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok.jpg

Kesehatan

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasi OTG di Depok

Dalam usaha mencegah penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggandeng Universitas Indonesia (UI) untuk memanfaatkan penginapan milik institusi pendidikan tersebut untuk dijadikan lokasi karantina pasien yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala atau OTG. Setelah melewati berbagai persiapan, pada hari ini, 20 November 2020, penginapan bernama Wisma Makara UI itu telah resmi beroperasi sebagai lokasi isolasi pasien OTG COVID-19 di Kota Depok.

Sebelum resmi digunakan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok sempat sempat melakukan kegiatan disinfeksi di area Wisma Makara UI pada 17 November 2020. Dari mulai area luar seperti taman-tamannya hingga bagian dalam dari lokasi isolasi pasien OTG tersebut. Di mana kegiatan ini melibatkan sekitar delapan petugas dan menghabiskan 20 liter cairan disinfektan.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Bahkan tak hanya melakukan kegiatan disinfeksi, petugas Damkar juga sempat menyerahkan bantuan di Wisma Makara UI. Seperti yang dijelaskan Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Denny Rumolu Hutahuruk, pihaknya menyalurkan bantuan yang terdiri dari Alat Pelindung Diri (APD), masker medis, cairan disinfektan, dan sarung tangan lateks untuk tenaga kesehatan yang bertugas di sini.

Berdasarkan penjelasan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Jota Depok Dadang Wihana, Wisma Makara UI mampu menampung sekitar 120 pasien OTG. Di mana tempat tidur atau bed itu disebut telah mulai digunakan pada 20 November 2020 dengan penjemputan pasien OTG-nya yang dilakukan oleh puskesmas serta Tim Reaksi Cepat Dinas Pemadam Kebakaran sejak 19 November 2020 malam.

[Baca Juga: Menilik Program Hospital Tourism di RSUI Depok]

“Kami sudah siap baik sarana dan prasarana, dan tenaga kesehata. Akan ada dokter juga yang berjaga. Standar Operasional Pelayanan (SOP) juga sudha terbentuk, kami sudah pengalaman saat isolasi mandiri di RS Citra Medika,” sebut Dadang, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (19/11/2020).

Dari sisi target pasien OTG yang akan menempati Wisma Makara UI, pihak Satgas COVID-19 Kota Depok sudah melakukan pemetaan. Dengan pasien OTG yang menjadi prioritas adalah yang tinggal di kawasan zona merah COVID-19, kelurahan yang angka kesehatan masyarakatnya di bawah 2, dan pasien yang kesulitan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Pada 19 November 2020, tim Satgas COVID-19 Kota Depok juga sudah melakukan pemantauan demi memastikan Wisma Makara UI memang siap digunakan sebagai lokasi isolasi. Usai melakukan pemantauan, Ketua Harian Satgas COVID-19 Kota Depok Sri Utomo menyebut, warga Kota Belimbing yang akan diisolasi di sini harus membawa surat rekomendasi dari puskesmas untuk menjelaskan statusnya memang OTG dan tak mengidap penyakit penyerta.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.