Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok.jpg

Kesehatan

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasi OTG di Depok

Dalam usaha mencegah penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggandeng Universitas Indonesia (UI) untuk memanfaatkan penginapan milik institusi pendidikan tersebut untuk dijadikan lokasi karantina pasien yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala atau OTG. Setelah melewati berbagai persiapan, pada hari ini, 20 November 2020, penginapan bernama Wisma Makara UI itu telah resmi beroperasi sebagai lokasi isolasi pasien OTG COVID-19 di Kota Depok.

Sebelum resmi digunakan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok sempat sempat melakukan kegiatan disinfeksi di area Wisma Makara UI pada 17 November 2020. Dari mulai area luar seperti taman-tamannya hingga bagian dalam dari lokasi isolasi pasien OTG tersebut. Di mana kegiatan ini melibatkan sekitar delapan petugas dan menghabiskan 20 liter cairan disinfektan.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Bahkan tak hanya melakukan kegiatan disinfeksi, petugas Damkar juga sempat menyerahkan bantuan di Wisma Makara UI. Seperti yang dijelaskan Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Denny Rumolu Hutahuruk, pihaknya menyalurkan bantuan yang terdiri dari Alat Pelindung Diri (APD), masker medis, cairan disinfektan, dan sarung tangan lateks untuk tenaga kesehatan yang bertugas di sini.

Berdasarkan penjelasan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Jota Depok Dadang Wihana, Wisma Makara UI mampu menampung sekitar 120 pasien OTG. Di mana tempat tidur atau bed itu disebut telah mulai digunakan pada 20 November 2020 dengan penjemputan pasien OTG-nya yang dilakukan oleh puskesmas serta Tim Reaksi Cepat Dinas Pemadam Kebakaran sejak 19 November 2020 malam.

[Baca Juga: Menilik Program Hospital Tourism di RSUI Depok]

“Kami sudah siap baik sarana dan prasarana, dan tenaga kesehata. Akan ada dokter juga yang berjaga. Standar Operasional Pelayanan (SOP) juga sudha terbentuk, kami sudah pengalaman saat isolasi mandiri di RS Citra Medika,” sebut Dadang, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (19/11/2020).

Dari sisi target pasien OTG yang akan menempati Wisma Makara UI, pihak Satgas COVID-19 Kota Depok sudah melakukan pemetaan. Dengan pasien OTG yang menjadi prioritas adalah yang tinggal di kawasan zona merah COVID-19, kelurahan yang angka kesehatan masyarakatnya di bawah 2, dan pasien yang kesulitan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Pada 19 November 2020, tim Satgas COVID-19 Kota Depok juga sudah melakukan pemantauan demi memastikan Wisma Makara UI memang siap digunakan sebagai lokasi isolasi. Usai melakukan pemantauan, Ketua Harian Satgas COVID-19 Kota Depok Sri Utomo menyebut, warga Kota Belimbing yang akan diisolasi di sini harus membawa surat rekomendasi dari puskesmas untuk menjelaskan statusnya memang OTG dan tak mengidap penyakit penyerta.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.