WNI Positif Corona Berangsur Sembuh, Jepang Berhasil Tekan Penyebaran

Kesehatan

WNI Positif Corona Berangsur Sembuh, Jepang Berhasil Tekan Penyebaran?

Pada awal penyebaran Virus Corona jenis baru yang menyebabkan penyakit COVID-19, Jepang merupakan salah satu negara yang terdampak kedua setelah Tiongkok. Dengan penyebaran virus bernama SARS-CoV-2 yang cepat itu, bahkan hingga akhir Januari 2020, negara ini sudah mencapai 17 kasus positif.

Dengan seiring berjalannya waktu, Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di sana juga turut terinfeksi virus ini. Namun saat ini di tengah peningkatan kasus positif COVID-19 di Indonesia, Jepang malah disinyalir mengalami penurunan jumlah kasus baru.

[Baca Juga: Kini Inggris Ikut Unjuk Kemajuan Produksi Vaksin COVID-19]

Beberapa waktu yang lalu, diketahui bahwa WNI yang terinfeksi penyakit COVID-19 ada sekitar sembilan orang di Jepang. Namun pada Maret ini, pihak Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengumumkan bahwa satu per satu WNI tersebut sudah sembuh dan keluar dari rumah sakit. Bahkan dari data disebut, semua WNI itu sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit dengan beberapa yang sudah kembali ke Tanah Air.

Hal yang menarik dengan kasus Covid-19 di Jepang ini adalah dengan kesembuhan semua WNI itu, hal ini disinyalir sejalan dengan penekanan penyebaran virus SARS-CoV-2 di sana. Apalagi berdasarkan data yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia serta Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang sampai tanggal 18 Maret 2020, walau terhitung sudah 914 kasus Covid di Jepang, jumlah penambahan kasus barunya hanya sekitar 4,7 persen.

WNI Positif Corona Berangsur Sembuh, Jepang Berhasil Tekan Penyebaran

Hal yang menarik dari Jepang adalah mereka tidak melakukan social distancing atau lockdown secara menyeluruh pada momen penyebaran virus ini. Seperti yang bisa dilihat di Kota Tokyo, di mana hanya sekolah saja yang ditutup dengan kehidupan para pekerjanya serta berbagai bisnis berjalan normal. Bahkan pada jam kerja, keretanya masih penuh.

Bila dibandingkan dengan negara-negara yang terbilang agresif dalam menggelar penanganan COVID-19, Jepang tampaknya dapat menekan penyebarannya. Bila mengambil contoh negara seperti Korea Selatan yang menjadi negara tetangga dari Negeri Sakura, negara ini mencatat kasus positif COVID-19 mencapai angka 8.565 kasus.

Lantas pertanyaannya bagaimana Jepang menekan penyebaran ini tanpa langkah agresif seperti lockdown? Pemerintah Jepang sendiri berargumen mereka telah mengambil langkah agresiff dengan langsung mengidentifikasikan kelompok atau kluster dari penyebaran COVID-19 dan menahannya.

[Baca Juga: Langkah Vietnam Menangani COVID-19 Dipuji Dunia, Indonesia?]

“Jepang beruntung bahwa hanya sejumlah kecil kasus SARS-CoV-2 yang dibawa ke negara itu, dan mereka tampaknya tetap terkonsentrasi di daerah terbatas (sehingga) mudah dikendalikan,” sebut penulis dan jurnalis ilmiah ternama asal Amerika Serikat Laurie Garrett, sebagaimana dikutip dari straitstimes.com (19/3/2020).

Tidak banyaknya penyebaran di Negeri Sakura juga disinyalir dipicu oleh kultur di negaranya. Pasalnya, budaya cium tangan atau bersalaman bisa dikatakan sangat jarang terjadi di Jepang sehingga mengurangi risiko penyebaran COVID-19. Selain itu, budaya cuci tangan dengan sabun di Jepang disebut menjadi salah satu yang tertinggi dibandingkan negara-negara lain yang saat ini terinfeksi Virus Corona.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.