Women’s Cycling Community Nusantara Kumpulan Wanita Tangguh Hobi Bersepeda

Berita Kawasan

Women’s Cycling Community Nusantara, Wanita Tangguh Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu kegiatan positif yang menyenangkan. Selain itu, bersepeda juga bisa membuat tubuh Anda lebih bugar dan sehat. Namun, jika Anda bersepeda di jalanan atau di mana pun, keamanan bersepeda masih sangat kurang, khususnya bagi para perempuan.

Hal inilah yang mendasari Tabitha Sumendap untuk menginisiasi komunitas bernama Women/s Cycling Community (WCC) pada 2015. Tabby, sapaan akrabnya, awalnya ingin mencari teman saat harus latihan bersepeda guna mengikuti ajang triatlon yang semakin menjamur.

[Baca Juga: Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda]

“Lari dan berenang saya telah terbiasa berlatih, lantas tinggal melatih kecepatan bersepeda. Daripada mengikuti latihan ala pria pasti kita kalah. Maka, saya mengumpulkan teman-teman saya yang punya hobi sama untuk bisa menyemangati satu sama lain,” tutur Tebby kepada Pingpoint.co.id ketika ditemui di konferensi pers WCC Nusantara 4th Anniversary yang bertempat di BMW Motorrad, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

WCC lahir sebagai wadah bagi pesepeda perempuan agar bisa mengayuh sepedanya tanpa adanya diskriminasi atau rasa takut. Tabby ingin para anggotanya bisa merasakan rasa nyaman dan aman saat bersepeda di jalan.

Hingga saat ini, WCC telah berganti nama menjadi WCC Nusantara karena anggotanya yang terus membludak. Tercatat, hingga 2019, anggota WCC Nusantara telah mencapai 800 anggota yang terbagi di berbagai daerah.

[Baca Juga: Catcalling, Permasalahan yang Kerap Dialami Perempuan Jakarta]

WCC Nusantara sendiri dibentuk dengan semangat yang mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu. WCC Nusantara sekarang telah berada di tujuh kota besar Indonesia, yakni Bali, Semarang, Surabaya, Sampit, Malang, Jakarta dan Bandung.

Komunitas sepeda perempuan pertama di Indonesia ini ingin bisa memfasilitasi aktivitas bersepeda perempuan di Indonesia serta menghubungkan dan memberikan wadah pada perempuan dalam berolahraga, khususnya bersepeda.

[Baca Juga: Pensiun Jadi Pembalap Motor, M. Fadli Kini Jadi Atlet Pesepeda]

“WCC Nusantara juga punya kegiatan rutin seperti aktivitas sosial, gathering members, serta workshop yang bersifat edukatif untuk dapat berbagi pengalaman kepada sesama pengguna sepeda,” ujar Tebby.

Kini, diusianya yang ke-4, WCC Nusantara ingin mengajak para pengguna jalan umum untuk saling respect, protect, dan educate, untuk menciptakan rasa nyaman dan aman ketika bersepeda di jalan. Caranya, WCC Nusantara bakal aktif berkampanye tagar #SahabatDijalan yang sejalan dengan kampanye pemerintah.


Read More

Artikel Lainnya

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 2023

28 September 2022, 16:11

Konser internasional Woke Up Fest 2023 yang menampilkan musisi ternama dari berbagai negara diumumkan akan digelar pada Februari 2023 di Istora Senayan Jakarta.

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta.jpg

Hobi dan Hiburan

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta

28 September 2022, 14:08

Setelah tampil di Candi Prambanan dan mengumumkan konser di Solo, konser Dewa 19 full team yang lengkap dengan anggota serta mantan anggotanya kali ini melirik JIS sebagai venue konser selanjutnya.

Melalu Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya.jpg

Hobi dan Hiburan

Melalui Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya

28 September 2022, 12:06

Penyanyi solois pria Aldiv kembali menunjukkan eksistensinya di blantika musik Tanah Air dengan single Menanti.

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.


Comments


Please Login to leave a comment.