Women’s Cycling Community Nusantara Kumpulan Wanita Tangguh Hobi Bersepeda

Berita Kawasan

Women’s Cycling Community Nusantara, Wanita Tangguh Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu kegiatan positif yang menyenangkan. Selain itu, bersepeda juga bisa membuat tubuh Anda lebih bugar dan sehat. Namun, jika Anda bersepeda di jalanan atau di mana pun, keamanan bersepeda masih sangat kurang, khususnya bagi para perempuan.

Hal inilah yang mendasari Tabitha Sumendap untuk menginisiasi komunitas bernama Women/s Cycling Community (WCC) pada 2015. Tabby, sapaan akrabnya, awalnya ingin mencari teman saat harus latihan bersepeda guna mengikuti ajang triatlon yang semakin menjamur.

[Baca Juga: Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda]

“Lari dan berenang saya telah terbiasa berlatih, lantas tinggal melatih kecepatan bersepeda. Daripada mengikuti latihan ala pria pasti kita kalah. Maka, saya mengumpulkan teman-teman saya yang punya hobi sama untuk bisa menyemangati satu sama lain,” tutur Tebby kepada Pingpoint.co.id ketika ditemui di konferensi pers WCC Nusantara 4th Anniversary yang bertempat di BMW Motorrad, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

WCC lahir sebagai wadah bagi pesepeda perempuan agar bisa mengayuh sepedanya tanpa adanya diskriminasi atau rasa takut. Tabby ingin para anggotanya bisa merasakan rasa nyaman dan aman saat bersepeda di jalan.

Hingga saat ini, WCC telah berganti nama menjadi WCC Nusantara karena anggotanya yang terus membludak. Tercatat, hingga 2019, anggota WCC Nusantara telah mencapai 800 anggota yang terbagi di berbagai daerah.

[Baca Juga: Catcalling, Permasalahan yang Kerap Dialami Perempuan Jakarta]

WCC Nusantara sendiri dibentuk dengan semangat yang mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu. WCC Nusantara sekarang telah berada di tujuh kota besar Indonesia, yakni Bali, Semarang, Surabaya, Sampit, Malang, Jakarta dan Bandung.

Komunitas sepeda perempuan pertama di Indonesia ini ingin bisa memfasilitasi aktivitas bersepeda perempuan di Indonesia serta menghubungkan dan memberikan wadah pada perempuan dalam berolahraga, khususnya bersepeda.

[Baca Juga: Pensiun Jadi Pembalap Motor, M. Fadli Kini Jadi Atlet Pesepeda]

“WCC Nusantara juga punya kegiatan rutin seperti aktivitas sosial, gathering members, serta workshop yang bersifat edukatif untuk dapat berbagi pengalaman kepada sesama pengguna sepeda,” ujar Tebby.

Kini, diusianya yang ke-4, WCC Nusantara ingin mengajak para pengguna jalan umum untuk saling respect, protect, dan educate, untuk menciptakan rasa nyaman dan aman ketika bersepeda di jalan. Caranya, WCC Nusantara bakal aktif berkampanye tagar #SahabatDijalan yang sejalan dengan kampanye pemerintah.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.