World Clean Up Day 2019, Relawan Bersihkan PIK Mangrove

Berita Kawasan

World Clean Up Day 2019, Relawan Bersihkan PIK Mangrove

Pada akhir pekan lalu, warga dunia menyambut aksi bersih-bersih massal secara sukarela dalam momen World Clean Up Day 2019. Tidak sedikit juga warga Ibu Kota yang turut andil dalam aksi yang bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah ini. Hal ini bisa dilihat dari 10.000 relawan yang turun di lima wilayah DKI Jakarta dengan ribuan yang dilibatkan untuk bersih-bersih di kawasan Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK Mangrove) Jakarta Utara. Tidak hanya relawan, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara juga ikut turut berpartisipasi dalam aksi ini.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Sigit Wijatmoko menyebut, pihaknya merasa senang dengan Lions Club yang menjadi inisiator dari aksi ini memilih PIK Mangrove lokasi pusat kegiatan World Clean Up Day 2019. Sekadar informasi, Lions Club juga bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dengan Gerakan Pramuka Kwarda DKI Jakarta dalam menggelar aksi bersih-bersih yang diadakan pada 21 September 2019.

World Clean Up Day 2019, Relawan Bersihkan PIK Mangrove

“Kami sampaikan ke pengurus Gubernur Lions Club Indonesia untuk bisa kolaborasi. Spirit-nya tidak sekadar sampah bisa diolah tapi juga menciptakan perubahan perilaku dari masyarakat itu sendiri,” ujar Wali Kota Jakarta Utara itu, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (21/9/2019).

Ungkapannya di atas mencerminkan tujuan Pemkot Jakarta Utara dalam mengikuti event World Clean Up Day 2019, yakni untuk mendorong perubahan terhadap kebiasaan masyarakat di wilayahnya terkait buang sampah sembarangan, khususnya bagi para nelayan.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Ajak Kelurahan Ikut World Clean Up Day]

Atas dasar untuk mendorongnya perubahan pola hidup masyarakat inilah mengapa lokasi yang dipilih adalah PIK Mangrove yang berada di kawasan yang berbatasan dengan laut. Menurut Sigit, ini merupakan momen upaya edukasi dalam membangun kesadaran untuk memperhatikan lingkungan serta tanggung jawab masyarakat dalam menjaga kelestarian ekosistem laut.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, Pemkot Jakarta Selatan juga turut ikut dalam aksi World Clean Up Day 2019. Di mana Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengajak jajarannya serta pihak kelurahan di wilayahnya secara sukarela untuk ikut gerakan bersih-bersih tersebut di wilayah masing-masing.

[Baca Juga: Menilik Aksi Monster Plastik di Jakarta]

Digelarnya World Clean Up Day 2019 ini tidak luput dari keberhasilan aksi ini di tahun lalu yang berhasil mengumpulkan 14.876.803 kilogram sampah. Sehingga pihak panitia pun berharap aksi mereka dapat ikut membantu program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait kebersihan lingkungannya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.