Wow, 18 Perempuan Ini Raih Beasiswa Perdana Girl In Tech Indone sia.jpg

Pendidikan

Wow, 18 Perempuan Ini Raih Beasiswa Perdana Girl In Tech Indonesia

Kondisi pandemi COVID-19 yang sudah membayangi Tanah Air hampir selama setahun terakhir memicu semakin mendorong urgensi untuk transformasi ke dunia teknologi digital. Namun bila diteliti mengenai siapa saja yang paling banyak berkecimpung di ranah ini, tidak bisa dipungkiri bahwa kaum adam mendominasi. Bahkan berdasarkan penelitian Badan Pusat Statistik pada tahun 2017, presentasi tenaga kerja perempuan Indonesia di ranah Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) hanya ada 30 persen. Di sinilah peran Girl In Tech Indonesia yang baru-baru ini memberikan beasiswa perdananya untuk 18 perempuan Indonesia.

Girl In Tech Indonesia atau GIT ID sebenarnya merupakan salah satu cabang dari Girls In Tech Global yang pertama kali didirikan di Amerika Serikat pada tahun 2007. Sedangkan GIT ID sendiri sudah mulai menggelar kegiatannya sejak tahun 2011 dan bergerak sebagai komunitas berbasis sukarelawan yang memberikan mentoring serta pemberdayaan perempuan Indonesia di ranah teknologi melalui kegiatan workshop, bootcamp, dan lain-lain.

Wow, 18 Perempuan Ini Raih Beasiswa Perdana Girl In Tech Indonesia.jpg

“Saya dan rekan saya, Anantya Van Bronkhorst, ingin membangun network bagi para wanita sehingga lebih banyak wanita dapat berbicara tentang teknologi. Kami mendirikan Girls In Tech Indonesia pada tahun 2011 dengan slogan: “Inspiring the geek in every girl” – Kami ingin para wanita terinspirasi untuk memanfaatkan teknologi dengan baik untuk memecahkan masalah atau bahkan memulai start up,” ujar Co-Managing Director GIT ID Aulia Halimatussadiah, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (9/2/2021).

[Baca Juga: Masa Depan Bisnis di Era Transformasi Teknologi Digital]

Dalam rangka untuk semakin mendorong inspirasi serta partisipasi perempuan di ranah teknologi, Girl In Tech Indonesia dan Education New Zealand (lembaga pemerintah yang mempromosikan pendidikan di Selandia Baru) yang juga menggandeng Hacktiv8 mengadakan program beasiswa perdananya bertajuk Girl In Tech Scholarship. Di mana program ini disebut sebagai kegiatan lanjutan dari lokakarya bertajuk Arisan Digital 2020 yang diikuti 1.141 perempuan dari 20 kota Indonesia. Ribuan kaum hawa itu hadir untuk berpartisipasi dalam berbagai topik pembahasan seperti keamanan dunia siber atau cybersecurity, kecerdasan buatan, augmented reality, big data, dan sebagainya.

Di antara ribuan peserta itu ada 18 perempuan yang berhasil meraih beasiswa Girl In Tech Scholarship. Berikut ini ke-18 perempuan tersebut:

  • Bela Devianti Retnoningsih
  • Atika Dwi Hanun Amalia
  • Linda Oktavianty
  • Larasati Nugroho
  • Putu Sanisa Pascaline
  • Astuti Pangestu
  • Nurulita Aida Rahmasari
  • Graciella Valeska Liander
  • Andi Shahifah Motahharah
  • Joyceline Susanto
  • Elvira Siahaan
  • Shafa Salsabila Kurniawan
  • Anastasia Novia Windrawati
  • Fitri Sinta Ari Devi
  • Karenza Balqis
  • Riza Tri Wulaningrum
  • Clarissa Tanuhardja
  • Angela Mulia

[Baca Juga: Hari Buruh, Komnas Perempuan Ingatkan Kerentanan Pekerja Kala Pandemi]

“Selamat kepada rekan-rekan Girls In Tech yang terpilih untuk menerima program beasiswa kami. Di awal tahun 2021, merupakan momen yang tepat untuk membuka kesempatan bagi wanita Indonesia untuk menimba ilmu dan pengalaman di 3 (tiga) kelas yang berbeda, yaitu: pengenalan Python, Front-End Web Development, dan pengenalan pemrograman. Program beasiswa ini merupakan program yang pertama kalinya diadakan, hasil kerja sama kami dengan Education New Zealand dan Hacktiv8. Di era baru yang sedang berkembang ini, kami berharap dapat melihat semakin banyak wanita yang berpartisipasi, memiliki lebih banyak kesempatan dan menjadi ahli di bidang teknologi, serta memberikan dampak bagi kemajuan Indonesia,” tambah Co-Managing Director GIT ID.

Read More

Artikel Lainnya

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Bisnis

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

27 February 2021, 14:02

Tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan.

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

Berita Kawasan

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

27 February 2021, 10:01

PPKM Mikro yang menekankan pada pembatasan di tingkat desa/kelurahan utamanya memanfaatkan posko di desa-desa untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

26 February 2021, 18:08

Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

Kesehatan

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

26 February 2021, 17:02

Dari 130.000-an orang sasaran vaksinasi COVID-19 tahap dua di Kota Bandung, 92 persen merupakan warga lansia. Mereka diprioritaskan karena tingkat fatalitas kasus tertinggi.


Comments


Please Login to leave a comment.