Wow 21 Pasangan di Jakarta Pusat Daftarkan Pernikahan Kala PSBB

Berita Kawasan

Wow! 21 Pasangan di Jakarta Pusat Daftarkan Pernikahan Kala PSBB

Dengan pandemi COVID-19 yang masih terus membayangi wilayah Ibu Kota, masyarakat harus terbiasa dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB DKI Jakarta. Di mana kebijakan ini melarang digelarnya kegiatan sosial dengan banyak orang dan ini tentu saja bagi sejumlah pihak menghambat rencana dalam menggelar acara mereka, khususnya terkait resepsi pernikahan. Namun kondisi ini ternyata tidak mematahkan semangat puluhan pasangan di Jakarta Pusat yang tetap ingin menikah walau berada dalam kondisi PSBB.

Kabar ini diungkapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil). Karena berdasarkan data yang mereka miliki, setidaknya sejauh ini sudah ada sekitar 21 pasangan yang telah mendaftarkan pernikahan mereka di Kantor Pencatatan Sipil Jakarta Pusat.

Wow 21 Pasangan di Jakarta Pusat Daftarkan Pernikahan Kala PSBB

“Selama PSBB berjalan, layanan di Kantor Sudin Dukcapil Jakarta Pusat tetap berjalan dengan mengikuti protap COVID-19, misalnya seperti yang menikah kami catat ada 21 orang selama PSBB ini hingga akhir April 2020,” jelas Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Pusat Erik Polim, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (10/5/2020).

Sekadar informasi, melangsungkan pernikahan sebenarnya memang masih diizinkan selama digelar PSBB DKI Jakarta. Di mana hal ini sudah disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika ia pertama kali mengumumkan kebijakan untuk memutus mata rantai infeksi virus Corona yang menyebabkan COVID-19 tersebut. Menurut orang nomor satu di Ibu Kota itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak melarang pernikahan tapi resepsinya yang ditiadakan.

[Baca Juga: Ini Syarat Mengembalikan Biaya Nikah di Luar KUA]

Dalam proses pernikahan di Kantor Dukcapil Jakarta Pusat, tetap terdapat prosedur yang harus diikuti oleh pasangan yang hendak meresmikan hubungan mereka. Selama PSBB DKI Jakarta, pasangan yang hendak menikah harus membawa dua orang saksi seperti hari biasa. Namun poin terpenting yang harus dipastikan diterapkan adalah terkait kebijakan physical distancing serta jaga kebersihan diri demi memastikan tidak ada pihak yang terinfeksi COVID-19.

“Kami beri jarak masing-masing orang 1,5 meter. Mereka juga sebelum masuk ruangan, tentu pakai masker, lalu cek suhu tubuh, setelah itu kita minta cuci tangan, baru kita mulai pencatatannya. Ruangan kita luas, jadi tidak sulit melakukan physical distancing,” sebut Kasudin Dukcapil Jakarta Pusat itu.

Berdasarkan penjelasan Erik, puluhan pasangan yang mendaftarkan pernikahan di kantornya sebenarnya sudah menjalani akad nikah secara agama di kurun waktu enam bulan terakhir. Namun baru akhir-akhir ini mendaftarkannya, karena ia tak memungkiri banyak pasangan yang menunda pencatatan sipil status pernikahan mereka akibat pandemi COVID-19 serta PSBB DKI Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 1 month lalu
    anisa

    #Dirumahaja merasakan boring atau jenuuhhh ? hilangkan rasa jenuh kalian demi memtus wabah nya covid19 dgn main game online hanya di Dupa88.net guys. bisa cari atau search di google yaa :)