beranda betawi_2.jpg

Pendidikan

Wow, Ada Beranda Betawi di Kantor Sudin Pusip Jakarta Pusat

Pada perayaan hari jadi DKI Jakarta ke-493 terdapat usul untuk mendirikan Betawi Corner atau Beranda Betawi di area perpustakaan yang dikelolah pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di mana pada area itu, masyarakat umum dapat mengakses beragam buku serta informasi terkait budaya Betawi. Usul ini pun ternyata sudah mulai direalisasikan dengan peresmian Beranda Betawi yang baru-baru ini diresmikan di Kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan (Sudin Pusip) Jakarta Pusat.

Peresmian ini langsung dipimpin Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta Wahyu Hariyadi pada 22 Juli 2020 di Selasar Lantai 1 kantor Sudin Pusip Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1 No.12, Kecamatan Gambir. Menurutnya, Beranda Betawi ini sebenarnya dibangun atas dasar implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 76 Tahun 2018 tentang Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Pergub Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi.

“Sudah saatnya kita memiliki Beranda Betawi di setiap perpustakaan di wilayah kota. Ini sebagai wujud peran perpustakaan dalam melestarikan kearifan lokal dan koleksi tentang Jakarta,” sebut Wahyu, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (22/7/2020).

Sehari setelah peresmian tersebut, Wahyu kembali berkunjung ke Beranda Betawi untuk langsung meninjau berbagai hal yang ada di sini. Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta itu pun melihat berbagai koleksi yang ada di sini, dari mulai buku-buku yang berhubungan dengan Betawi sampai informasi mengenai tokoh, kesenian, hingga kuliner khas Betawi.

Beranda Betawi Diresmikan di Kantor Pusip DKI Jakarta

“Peranan perpustakaan dalam melestarikan kearifan lokal dan koleksi ke-Jakartaan sangat dibutuhkan agar anak-anak zaman now tahu akan budaya Betawi,” sebut Wahyu, sebagaumana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (23/7/2020). Ia juga memandang keberadaan Beranda Betawi di Kantor Sudin Pusip Jakarta Pusat ini penting agar orang-orang Ibu Kota tak melupakan budaya masyarakat asli Jakarta tersebut.

Kepala Sudin Pusip Jakarta Pusat Meti Lastri ingin Beranda Betawi yang ada di area kantornya ini dapat menjadi referensi masyarakat untuk yang ingin menambah wawasannya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kultur Betawi. “Beranda Betawi yang berada di Selasar Lantai 1 Sudip Pusip Jakarta Pusat bernuansa Betawi. Dari rumah adat Betawi tersebut menampilkan berbagai koleksi buku tentang Jakarta dan budaya Betawi, foto-foto gubernur, wali kota, dan tokoh kenamaan Betawi, dan lain-lain,” tambah Meti.

Kabar pendirian Beranda Betawi sebenarnya sudah santer dibahas pada akhir Juni lalu dengan Dinas Pusip yang berdialog dengan Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta Sylviana Murni, Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), Forum Jurnalis Betawi (FJB), Gerbang Betawi, Pustaka Betawi, dan Dewan Perpustakaan DKI Jakarta. Saat itu mereka berkoordinasi untuk membahas pendirian Beranda Betawi sebagai fasilitas di perpustakaan daerah DKI Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan.jpg

Berita Kawasan

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan

06 August 2020, 19:00

Pekan ini Damkar Depok mengerahkan anggotanya untuk menyisir area Kali Pesanggarahan demi memastikan tak ada buaya yang berkeliaran.

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris.jpg

Kuliner

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris

06 August 2020, 18:00

Jika berbicara mengenai menu sate populer di kawasan Jakarta Selatan, maka warung Sate H. Romli atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sate RSPP bisa dipastikan sebagai salah satunya.

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

Kesehatan

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

06 August 2020, 16:50

Penyandang diabetes akan lebih rentan mengalami perparahan bahkan menyebabkan kematian jika terinfeksi COVID-19.

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020

Bisnis

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020?

06 August 2020, 15:30

Sektor industri, penurunan kinerja ekspor impor, dan tingginya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mengakibatkan peningkatan angka kemiskinan.


Comments


Please Login to leave a comment.