Wow, Ada Jembatan Ketupat di Jakarta Pusat

Berita Kawasan

Wow, Ada Jembatan Ketupat di Jakarta Pusat

Mungkin bagi orang awam, jembatan hanya sekadar tempat untuk membantu mereka menyeberang untuk mencapai satu titik ke titik lainnya. Namun, saat ini sudah ada sejumlah jembatan di Jakarta yang memiliki konsep unik dan masuk kategori Instagrammable, seperti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Sudirman. Tampaknya, Ibu Kota kembali akan memiliki jembatan unik lainnya yang berlokasi di kawasan Jakarta Pusat yang bernama Jembatan Ketupat.

Jembatan Ketupat itu menghubungkan perkampungan warga dengan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 39 Jakarta yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Gambir. Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara pun sempat melakukan peninjauan untuk melihat jembatan unik tersebut pada 29 Juli 2019.

Wow, Ada Jembatan Ketupat di Jakarta Pusat

Sebagaimana dilansiir dari Jakarta.tribunnews.com (30/7/2019) Bayu mengatakan, sebelum dapat menjadi fasilitas publik sepenuhnya, jembatan ini masih harus sedikit melalui proses perampungan. Ia tidak memberikan batas waktu kapan jembatan tersebut sepenuhnya rampung, tapi disinyalir Jembatan Ketupat akan sudah mulai bisa digunakan dalam waktu yang berdekatan dengan peresmian yang akan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

[Baca Juga: Puluhan Anak Nikmati Atraksi Flying Fox saat HBKB di Jalan Gajah Mada]

Jembatan ini memiliki desain layaknya anyaman ketupat dengan kombinasi warna putih, jingga, dan biru. Jembatan ketupat ini merupakan hasil buah pemikiran dari Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat Sukowibowo dan menariknya ini merupakan karya terakhirnya sebelum masa purna bakti berakhir pada 1 Agustus 2019.

Sebagaimana dilansir dari pusat.jakarta.go.id (30/7/2019), Sukowibowo menjelaskan, ide pembangunan Jembatan Ketupat ini datang ketika ia mempertimbangkan untuk membuat jembatan yang lebih cantik serta rapi usai merampungkan pembangunan SMPN 39 dan Jalan Sekolah. Sekadar informasi, Jalan Sekolah merupakan akses yang diresmikan pada 2017 untuk pelajar SMPN 39 yang dulunya dipenuhi bangunan liar kumuh.

[Baca Juga: Revitalisasi JPO GBK Masuki Tahap Akhir]

Saat sudah rampung jalan serta sekolahnya, Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat itu pun mulai memikirkan jembatan penghubung yang nantinya bisa digunakan warga dan pelajar SMPN 39 Jakarta. Ide mengenai menggunakan ketupat sebagai desain utama dari jembatan tersebut pun muncul ketika ia sedang menikmati ketoprak.

“Saya berpikir daun ketupat itu jika dianyam bisa dijadikan sebuah model untuk membuat jembatan yang cantik dan modern,” ujarnya. Ia pun menyampaikan ide realisasi Jembatan Ketupat itu kepada Dinas Bina Marga, Wali Kota Jakarta Pusat, dan Gubernur DKI Jakarta. Semuanya pun menyambutnya dengan positif.

Setelah membuat Jembatan Cinta yang jadi penghubung Pulau Tidung, serta fly over Pramuka, Sudiman, Pasar Pagi, Jembatan Ketupat ini pun masuk dalam daftar karya Sukowibowo selama menjadi Aparatur Sipil Negara di Ibu Kota. Karya ini diapresiasi Wali Kota Jakarta yang berharap jembatan ini dapat menjadi inspirasi untuk para warga Ibu Kota.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listri k.jpg

Berita Kawasan

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listrik

27 September 2022, 14:34

Kota Bogor disebut sebagai kota pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Beam dalam menghadirkan sepeda listrik yang bisa disewa masyarakatnya.

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offlin e.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offline

27 September 2022, 11:32

Jakarta Fashion Week diumumkan kembali digelar tahun ini dengan acara yang digelar secara luring di venue yang berlokasi di Pondok Indah Mall 3.

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka untuk Publik.jpg

Hobi dan Hiburan

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka

26 September 2022, 18:15

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Surabaya secara resmi meluncurkan wisata alam baru yang menggabungkan sejumlah wahana seru.


Comments


Please Login to leave a comment.