Wow, Anak-Anak Ini Asah Kreativitas Membuat Lampion Imlek

Pendidikan

Wow, Anak-Anak Ini Asah Kreativitas Membuat Lampion Imlek

Hanya tinggal menghitung hari maka warga Tionghoa di Ibu Kota dan sekitarnya siap menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2020. Segala persiapannya pun sudah dilakukan jauh-jauh hari untuk merayakannya, khususnya dari persiapan lampion. Di mana hal ini juga turut dilakukan oleh anak-anak di Vihara Dharma Hastabrata. Dengan tujuan untuk mengasah keterampilan kreativitasnya sekaligus sambut Tahun Baru Imlek, puluhan anak-anak di sini belajar membuat lampion.

Sekadar informasi, lampion dalam kepercayaan Tiongkok, khususnya yang berwarna merah, dimaknai sebagai simbol kehidupan yang berkembang serta bisnis yang makmur. Jadi tidak heran bila lampion ini menjadi elemen penting dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2020.

Wow, Anak-Anak Ini Asah Kreativitas Membuat Lampion Imlek

Kegiatan pembuatan lampion Imlek dilakukan oleh 22 anak tersebut pada momen sekolah minggu di vihara yang berlokasi di kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Berdasarkan keterangan dari instruktur sekolah minggu Vihara Dharma Hastabrata, tema lampion yang dipilih adalah yang memiliki bentuk kubus. Dengan anak-anak tersebut yang dibagi menjadi empat kelompok dan saling bahu-membahu dalam membuat lampion.

Kemudian, mereka diberikan bahan untuk pembuatan lampion Imlek yang terdiri dari sumpit kayu, lem, benang, kain, cat akrilik, serta kuas. “Kreativitas yang dibangun kita pakai sumpit dan bahan lainnya ada benang dan lem, supaya pembuatannya cepat dan tidak rumit untuk direkatkan satu sama lain,” tutur instruktur lampion Windy, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (19/1/2020).

[Baca Juga: 4 Kiat untuk Mempersiapkan Perayaan Imlek 2020]

Puluhan anak-anak sekolah minggu itu pun mengerjakan secara seksama kerangka dari lampion Imlek. Lalu tak lupa juga untuk membuat lampion itu semakin menarik untuk dipandang, mereka juga diberi tugas untuk menghias kain lampion dengan gambar serta tulisan yang disesuaikan dengan kreativitasnya melalui kuas serta pewarta yang tersedia di meja tempat mereka membuat lampion. Dengan tiga instruktur yang mengarahkan serta sesekali membantu mereka.

Selain di Vihara Dharma Hastabrat, kegiatan pembuatan lampion di sekolah minggu juga digelar di vihara lain di Ibu Kota, seperti di Vihara Karuna Maitreya dan Vihara Sinar Suci. Menariknya dari pihak kepala sekolah minggu di Vhara Karuna Maitreya sendiri, ia memiliki harapannya untuk kegiatan pembuatan lampion tersebut yang diikuti anak-anak sampai remaja usia 17 tahun.

[Baca Juga: Makna Tradisi-tradisi dalam Perayaan Imlek]

“Harapannya, selain supaya perayaan Imlek meriah, anak-anak makin mengembangkan dan dapat menuangkan ide-ide kreatif mereka dari pembuatan lampion ini,” ungkap Kepala Sekolah Minggu Vihara Karuta Maitreya Welhan Susanto.

Sedangkan untuk Sekolah Minggu Vihara Sinar Suci yang berada Teluk Gong, Jakarta Utara, mereka sudah memiliki lokasi untuk penempatan lampion-lampion Imlek yang dibuat oleh anak-anak binaannya. “ Lampion Hasil kreasi anak-anak nantinya juga akan dipasang di Thamrin 10 untuk meramaikan Jakarta Imlekan,” tambah Pembina Sekola Minggu Vihara Sinar Suci Yenny Rusli Halim.

Read More

Artikel Lainnya

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

Berita Kawasan

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

24 February 2020, 10:00

Para komuter pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. HP menjadi penghibur Anda sepanjang perjalanan. Namun, ternyata ada aktivitas yang bisa Anda lakukan di KRL tanpa HP!

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Kesehatan

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?

24 February 2020, 09:00

Penelitian terbaru menunjukkan ada perbedaan memasang bunyi beep monoton dan musik bermelodi untuk alarm. Manakah yang lebih baik?

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Kesehatan

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

23 February 2020, 19:00

Melakukan treatment sendiri saat mengalami kram kaki di malam hari lebih dianjurkan daripada meminum obat-obatan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

Berita Kawasan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

23 February 2020, 18:00

Anda termasuk penggemar film Netflix? Yuk tengok film Netflix yang rilis Maret 2020. Ada tiga film rekomendasi PingPoint yang sayang dilewatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.