Wow! Gunungan dari 15 Ribu Bakpia Hiasi Bakpia Day Jogj a.jpg

Kuliner

Wow! Gunungan dari 15 Ribu Bakpia Hiasi Bakpia Day Jogja

Bakpia pathok merupakan kudapan atau kue populer di Kota Yogyakarta yang sudah menjadi bagian dari kuliner khas Kota Gudeg tersebut. Tentu saja wisatawan yang datang dari dalam dan luar negeri selalu menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh atau sesuatu yang mereka wajib nikmati ketika berwisata di Yogyakarta. Menariknya, di Kota Gudeg ada satu hari yang didedikasikan untuk kudapan manis satu ini yang dinamakan Bakpia Day dan pada akhir pekan kemarin, event ini digelar di kawasan Kelurahan Ngampilan.

Bakpia Day pada 22 Oktober 2022 digelar oleh Komunitas Pengusaha Bakpia Kota Yogyakarta yang berkolaborasi dengan warga Ngampilan. Di mana menurut pihak penyelenggara, Bakpia Day pada dasarnya untuk semakin menguatkan branding dari Kelurahan Ngampilan sebagai kawasan pusat oleh-oleh Kota Gudeg dan tentu saja, kue bakpia bisa Anda temukan di kawasan ini.

Wow! Gunungan dari 15 Ribu Bakpia Hiasi Bakpia Day Jogja.jpg

“Selain itu untuk mendapatkan perhatian yang lebih besar lagi, baik dari masyarakat Yogyakarta, Indonesia bahkan hingga ke Mancanegara,” ujar Ketua Panita Bakpia Day Kusmantoro, sebagaimana dikutip dari Warta.Jogjakota.go.id (22/10/2022).

Pihak panitia mengungkapkan bahwa tema yang dipilih dari Bakpia Day di tahun ini bisa dikatakan menggambarkan bagaimana harapan dari warga setempat pasca-pandemi COVID-19. Di mana Bakpia Day temanya adalah Manunggal Jati Cakra Manggiling. Manunggal pada dasarnya mengambarkan persatuan antara Jawa dan Tionghoa yang tentu saja dapat ditarik benang merahnya melalui bakpia yang memang kuat akan pengaruh dari masyarakat Tionghoa. Sedangkan Cakra Manggilimg merupakan roda yang berputar dalam rangka membawa perubahan.

[Baca Juga: Bakpia Seruni 82, Melepas Kerinduan dengan Bakpia Jogja]

“Dengan harapan kegiatan tersebut dapat menjadi spirit kebersamaan, kebangkitan, dan keuatan untuk membawa perubahan yang lebih baik dari sisi sosial, perekonomian, dan kesejahteraan rakyat,” sambungnya.

Dalam Bakpia Day pada akhir pekan kemarin yang paling menarik perhatian adalah gunungan yang terbuat dari bakpia pathok. Karena gunungan yang dibawa dalam kirab Bakpia Day terdiri dari Gunungan lanang, Gunungan Wadon, dan dua gunungan anak. Tentu saja ketika diajak berkeliling di sejumlah ruas jalan, hal ini langsung menarik perhatian warga serta wisatawan yang melihatnya. Apalagi mengingat gunungan bakpia yang dibuat oleh UMKM setempat ini berjumlah hingga 15 ribu bakpia.

“Kegiatan Bakpia Day kiranya dapat menjadi sarana edukasi, pelestarian tradisi bagi generasi muda dan anak-anak, agar kearifan lokal nilai-nilai budaya Mataram Ngayogyakarta tetap lestari di masa mendatang,” tambah Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.