Wow! Ikon Budaya Khas Indonesia Hadir di Game Fantasy Town.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Ikon Budaya Khas Indonesia Hadir di Game Fantasy Town

Bulan lalu Garena Indonesia secara resmi merilis game Fantasy Town yang berkonsep mengajak pemain untuk membangun kota sesuai imajinasinya, bercocok tanam di sana, sampai melawan monster. Namun konsep yang justru menarik perhatian hingga diapresiasi pemerintah adalah Garena yang memasukan unsur budaya Indonesia ke dalam Fantasy Town. Di mana hal ini diusung agar selain pemain bisa berimajinasi di Fantasy Town, mereka juga dapat mempelajari kultus khas Nusantara.

Pihak Garena Indonesia memandang, pandemi COVID-19 menjadi momen yang membatasi untuk banyak orang berkunjung ke museum serta lokasi bersejarah di Indonesia lainnya. Oleh karena itu agar pelestarian serta edukasi mengenai budaya Indonesia tetap bisa dilakukan, Garena Indonesia memiliki pandangan menghadirkan miniatur kekayaan kultur Tanah Air itu melalui game Fantasy Town-nya. Hal ini tentu saja mendapatkan dukungan dari pihak Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia, Pemerintah Indonesia mengampanyekan rasa cinta dari masyarakat Indonesia terhadap produk lokal anak Bangsa sekaligus untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air. Garena Indonesia mengejawantahkan gerakan tersebut dengan memunculkan Candi Borobudur, Monumen Nasional alias Monas, Lawang Sewu, Kota Tua Jakarta, Rumah Gadang serta rumah adat asli Indonesia lainnya di Fantasy Times.

Wow! Ikon Budaya Khas Indonesia Hadir di Game Fantasy Town .jpg

“Ada begitu banyak kekayaan dan material penting dari kultur Indonesia seperti seni, sejarah, dan peninggalan, yang sebelumnya hanya dapat dilihat oleh mereka yang cukup beruntung bisa mengunjungi tempat tersebut. Fantasy Town merupakan sebuah usaha dari Garena Indonesia untuk melestarikan budaya lokal ini sehingga dapat diakses oleh siapa saja secara digital,” ucap Direktur Garena Indonesia Hans Kurnadi Saleh, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (30/7/2020).

Selain bangunan serta lokasi bersejarah khas Indonesia, Garena Indonesia juga memasukan karakter dan kostum yang memang berasal dari cerita rakyat. Contohnya adalah kostum Radu yang mencerminkan pakaian adat Madura dan karakter Kabayan serta Iteung. “Melalui game ini, diharapkan dapat juga bermanfaat untuk kepentingan edukasi budaya dalam menginspirasi generasi mendatang,” tambah Hans.

Pihak Kemenparekraf memberikan apresiasinya terhadap langkah Garena Indonesia di Fantasy Town. Pelaksana Tugas Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Josua Puji Mulia Simanjuntak menyebut, langkah ini sangat didukung pihaknya yang memandang langkah ini sejalan dengan Bangga Buatan Indonesia karena mengusung budaya bangsa Indonesia di Fantasy Town.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.