Wow! Jakarta Selatan Miliki Lokasi Belajar Pertanian Kota di Ragunan.jpg

Pendidikan

Wow! Jakarta Selatan Miliki Lokasi Belajar Pertanian Kota di Ragunan

Sejak Desember 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan terus memantau perampungan kawasan Agro Edukasi Wisata Ragunan. Di mana melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) lokasi wisata edukatif ini ditujukan untuk mendorong minat urban farming di kalangan masyarakat sekaligus menjadi tempat yang cocok untuk mereka-mereka yang memang memiliki minat untuk mengembangkan pertanian perkotaan di tengah masa pandemi seperti saat ini.

Beberapa waktu terakhir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memang menggaungkan urban farming 4.0 dan ini terlihat dari Balkot Farm sampai berbagai kebun pertanian perkotaan yang yang ada di kantor-kantor pemkot. Bahkan bagi Anda yang tertarik berwisata edukatif serta mengenal seluk beluk terkait urban farming dapat langsung merasakannya serta mempelajarinya tanpa perlu datang ke Balkot Farm dan cukup kunjungi Agro Edukasi Wisata Ragunan.

Wow! Jakarta Selatan Miliki Lokasi Belajar Pertanian Kota di Raguna n.jpg

Menurut Pemkot Jakarta Selatan, kehadiran Agro Edukasi Wisata Ragunan ini merupakan bagian dari sistem kolabrasi banyak pihak seperti pemerintah, masyarakat, akademisi, dunia usaha, hingga media. Di mana kolaborasi ini demi mewujudkan lokasi wisata edukatif dengan fokusnya adalah pertanian perkotaan.

“Dengan menerapkan prinsip kolaborasi yang diterapkan oleh gubernur (Anies Baswedan) karena kita menuju Jakarta 4.0. Sehingga pengembangan ke depan tetap harus mengedepankan kolaborasi dengan komunitas dan stakeholder lainnya,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta Atika Nur Rahmania saat mengunjungi Agro Edukasi Wisata Ragunan, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (3/1/2021).

[Baca Juga: Teknologi IoT Mudahkan Kontrol Tanaman di Balkot Farm]

Atika melanjutkan, lokasi wisata urban farming yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini sebenarnya menjanjikan. Apalagi dari sisi teknologi yang diterapkan di sini disebut mendorong produktivitas sekaligus sangat bermanfaat bagi pengunjung yang datang. Karena tanaman yang tumbuh di Agro Edukasi Wisata Ragunan memiliki QR code yang bisa Anda pindai untuk melihat beragam informasi mengenai tanaman tersebut bahkan telah terintegrasi dengan sistem di Balkot Farm DKI Jakarta yang memang telah menerapkan urban farming 4.0.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok menyebut, masyarakat bisa belajar banyak mengenai pertanian perkotaan di lokasi eduwisata ini. Dari mulai penerapan teknologi pengairan, vertikultur, memahami ekologis tanah serta tanaman, mendalami mengenai bibit unggul, hidroponik, sampai pembelajaran mengenai budi daya jamur yang bisa diterapkan di rumah masing-masing dapat dipelajari di sini.

Read More

Artikel Lainnya

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

Kesehatan

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

23 January 2021, 20:08

Penemuan yang dipublikasikan di Nature ini, memberikan bukti terkuat bahwa sistem kekebalan tubuh dapat "mengingat" virus dan secara luar biasa terus meningkatkan kualitas antibodi.

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

Pendidikan

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

23 January 2021, 18:07

Gaya belajar pada dasarnya adalah kunci pengembangan dan kinerja diri. Gaya belajar membantu anak untuk dapat belajar secara efektif dan dapat memaksimalkan belajar.

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Berita Kawasan

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

23 January 2021, 15:51

Sejumlah pedagang kebutuhan peribadatan penganut Konghucu pun sudah menggelar aneka hiasan dan kebutuhan untuk perayaan Imlek.

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 weeks, 4 days lalu
    anisa

    QQHarian sekarang memberikan Fitur Terbaru Instan Rebaate, bagi member QQHarian kini tidak perlu repot lagi untuk klaim bonus mingguannya, sekarang member bisa ambil sendiri hanya di qqharian yang bisa seperti ini. Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : - ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) - - https://biolinky.co/linkgameonline ( Link Alternatif QQHarian ) - - http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook ) -