Wow, Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang

Berita Kawasan

Wow, Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang

Kota Tangerang saat ini juga menjadi pilihan destinasi wisata dengan kehadiran kampung tematiknya. Konsep ini mengubah “wajah” kampung yang biasanya dipandang sebelah mata oleh masyarakat modern dan justru menjadi daya tarik khusus para wisatawan untuk berkunjung. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pun kerap mendorong adanya inovasi untuk membuat kampung tematik semakin menarik. Salah satu caranya dengan menghadirkan kampung digital.

Kampung digital ini diterapkan di kampung-kampung tematik yang sudah eksis seperti di Kampung Markisa. Sekadar informasi, Kampung Markisa berlokasi di Jalan KS Tubun, Kecamatan Karawaci. Beberapa tahun yang lalu, kampung ini dikenal sebagai kawasan yang kumuh. Namun berkat usaha warganya yang bahu-membahu untuk membenahi kawasan tempat tinggalnya, saat ini Kampung Markisa telah bertransformasi menjadi kampung tematik.

[Baca Juga: Kampung ATM yang Memikat Warga Tangerang]

Untuk merealisasikan kampung digital, Pemkot Tangerang mendapatkan bantuan dari Universitas Bina Nusantara (Binus). Langkah penerapan kampung digital ini sendiri bisa dimulai dari aspek sederhana seperti tersedianya lokasi hotspot. Jadi warga di kampung tematik dan pengunjungnya bisa mendapatkan akses internet dengan sambungan wifi.

Wow Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang

Subject Content Coordinator Universitas Binus Azani Cempaka menjelaskan, relawan dari kampusnya siap memberikan pengabdian untuk pengembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk masyarakat di kampung tematik Kota Tangerang. Universitas Binus memandang terdapat potensi pengembangan di kampung tematik.

“Kami melihat potensi yang besar pada Kampung Markisa. Mulai dari adanya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, hingga wifi corner yang di-support wali kota. Untuk itu, kami berencanan mengembangkan kampung tematik menjadi kampung digital,” ucap Azani, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (28/6/2019).

[Baca Juga: Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya]

Selain menyediakan hotspot, Universitas Binus juga akan mengembangkan fasilitas teknologi di kampung tematik hingga memberikan pelatihan memanfaatkan media online untuk perekonomian lokal warganya. “Nanti akan ada sistem monitoring, karena kampung digital ini nantinya tidak hanya ada di Kampung Markisa. Melakinkan, ada di kampung-kampung lain sehingga menghasilkan data dan evaluasi yang berkelanjutan,” tambahnya.

Selain Kampun Markisa, Kampung Berkelir dan Kampung Batik merupakan kampung tematik lainnya yang akan mendapatkan fasilitas kampung digital. Semakin berkembangnya inovasi di kampung tematik ini tidak lepas dari program Tangerang Bebenah yang direalisasikan guna menjadikan Tangerang sebagai kota LIVE atau Liveable, Investable, Visitable, E-city.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.