Wow, Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang

Berita Kawasan

Wow, Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang

Kota Tangerang saat ini juga menjadi pilihan destinasi wisata dengan kehadiran kampung tematiknya. Konsep ini mengubah “wajah” kampung yang biasanya dipandang sebelah mata oleh masyarakat modern dan justru menjadi daya tarik khusus para wisatawan untuk berkunjung. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pun kerap mendorong adanya inovasi untuk membuat kampung tematik semakin menarik. Salah satu caranya dengan menghadirkan kampung digital.

Kampung digital ini diterapkan di kampung-kampung tematik yang sudah eksis seperti di Kampung Markisa. Sekadar informasi, Kampung Markisa berlokasi di Jalan KS Tubun, Kecamatan Karawaci. Beberapa tahun yang lalu, kampung ini dikenal sebagai kawasan yang kumuh. Namun berkat usaha warganya yang bahu-membahu untuk membenahi kawasan tempat tinggalnya, saat ini Kampung Markisa telah bertransformasi menjadi kampung tematik.

[Baca Juga: Kampung ATM yang Memikat Warga Tangerang]

Untuk merealisasikan kampung digital, Pemkot Tangerang mendapatkan bantuan dari Universitas Bina Nusantara (Binus). Langkah penerapan kampung digital ini sendiri bisa dimulai dari aspek sederhana seperti tersedianya lokasi hotspot. Jadi warga di kampung tematik dan pengunjungnya bisa mendapatkan akses internet dengan sambungan wifi.

Wow Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang

Subject Content Coordinator Universitas Binus Azani Cempaka menjelaskan, relawan dari kampusnya siap memberikan pengabdian untuk pengembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk masyarakat di kampung tematik Kota Tangerang. Universitas Binus memandang terdapat potensi pengembangan di kampung tematik.

“Kami melihat potensi yang besar pada Kampung Markisa. Mulai dari adanya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, hingga wifi corner yang di-support wali kota. Untuk itu, kami berencanan mengembangkan kampung tematik menjadi kampung digital,” ucap Azani, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (28/6/2019).

[Baca Juga: Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya]

Selain menyediakan hotspot, Universitas Binus juga akan mengembangkan fasilitas teknologi di kampung tematik hingga memberikan pelatihan memanfaatkan media online untuk perekonomian lokal warganya. “Nanti akan ada sistem monitoring, karena kampung digital ini nantinya tidak hanya ada di Kampung Markisa. Melakinkan, ada di kampung-kampung lain sehingga menghasilkan data dan evaluasi yang berkelanjutan,” tambahnya.

Selain Kampun Markisa, Kampung Berkelir dan Kampung Batik merupakan kampung tematik lainnya yang akan mendapatkan fasilitas kampung digital. Semakin berkembangnya inovasi di kampung tematik ini tidak lepas dari program Tangerang Bebenah yang direalisasikan guna menjadikan Tangerang sebagai kota LIVE atau Liveable, Investable, Visitable, E-city.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.