Wow, Mahasiswa UGM Hadirkan Inovasi Genting Pintar Tenaga Surya.jpg

Properti dan Solusi

Wow, Mahasiswa UGM Hadirkan Inovasi Genting Pintar Tenaga Surya

Pemerintah pusat terus mendorong agar publik di Indonesia mulai dapat beralih dari produk konvensional ke sesuatu yang lebih ramah lingkungan, termasuk dari sisi energi listrik. Bahkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendorong agar sektor industri serta bisnis untuk melakukan penetrasi terhadap energi terbarukan. Tentu saja ini tak terlepas dari sumber daya energi terbarukan di Indonesia yang memang memiliki potensi yang sangat besar dengan salah salah satunya adalah memanfaatkan tenaga surya. Melihat potensi ini, sejumlah mahasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM) mencoba berinovasi agar energi terbarukan ini juga bisa diterapkan tak hanya di lingkup industri tapi juga di rumah tangga.

Kehadiran inovasi dari tim mahasiswa Fakultas Teknik UGM ini tak terlepas dari fakta di lapangan yang mengungkapkan hanya 0,05 persen saja dari potensi energi matahari yang dimanfaatkan. Dari sinilah, mereka mengembangkan inovasi dalam bentuk genting fotovoltaik pintar atau smart rooftop. Mungkin penggunaan genting fotovoltaik sudah tak asing lagi di sejumlah gedung-gedung perkantoran atau rumah-rumah tapi yang membedakan dari inovasi ini adalah dimasukkannya unsur teknologi pintar.

Wow, Mahasiswa UGM Hadirkan Inovasi Genting Pintar Tenaga Sury a.jpg

“Sama seperti genteng pada umumnya, tetapi dilengkapi sel surya yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik dengan self-cleaning glass agar kotoran yang menempel pada permukaan mudah dibersihkan lewat ponsel,” ungkap salah seorang tim mahasiswa pengembang smart rooftop Nifwan Arbi, sebagaimana dikutip dari UGM.ac.id (25/8/2022).

Seperti yang dijelaskan di atas, teknologi Internet of Things (IoT) atau Internet untuk Segala yang digunakan adalah pada dasarnya menyematkan teknologi pembersih di sel surya pada genting fotovoltaiknya yang terhubung dengan ponsel pintar Anda. Tak lupa, terdapat alat penyiram air juga yang disematkan dalam inovasi ini untuk membantu proses pemeliharaannya jika hujan tidak kunjung turun. Bahkan menurut anggota tim lainnya Lathief Nurmahmudi Wijaya, genting ini juga bisa memunculkan informasi performa dari sel suryanya ke ponsel pintar pemiliknya. Tak lupa berbagai sensor juga turut disematkan untuk membuat pemiliknya bisa melakukan pengawasan melalui gawai mereka.

[Baca Juga: Pemkot Semarang Pasang Panel Surya Tahun Depan]

Untuk saat ini, inovasi genting pintar ini disebut masih dalam tahap penelitian. Tapi Lathief dan timnya terus berupaya mengembangkan inovasi mereka dengan terus melakukan riset serta menambahkan beragam fiturnya agar ke depannya bisa diluncurkan ke pasar dalam rangka mendukung sosialisasi energi terbarukan di masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.