Wow, Mahasiswa UGM Ubah Mikroalga Jadi Minyak Goren g.jpg

Pendidikan

Wow, Mahasiswa UGM Ubah Mikroalga Jadi Minyak Goreng

Beberapa bulan yang lalu, masyarakat Tanah Air merasakan bagaimana kelangkaan minyak goreng di pasaran usai pemerintah mengatur harganya. Namun karena semakin langka akhirnya pemerintah kembali menyerahkan harga minyak goreng kepada pengusaha yang memicu minyak goreng kembali mudah ditemukan tapi dengan harga yang sangat melonjak. Hingga kini harga minyak goreng berbahan dasar kelapa sawit di Tanah Air masih terbilang tinggi bila dibandingkan pada bulan Januari atau Februari 2022 lalu. Mengingat minyak goreng sangat berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) memutuskan melakukan riset bahan alternatif sebagai bahan pokok minyak goreng komersial.

Riset tersebut melibatkan Jody Ashrib Satriayudistira (Jurusan Biologi angkatan 2019), Fikri Ramadhan (Jurusan Biologi angkatan 2019), Lathief Al Umami (Jurusan Biologi angkatan 2019), Anindya Destifany Salsabila (Jurusan Kimia angkatan 2019), dan Mohammad Yuzer Irosoneri (Jurusan Teknik Kimia angkatan 2020) yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Riset Eksata atau PKM-RE UGM. Dalam risetnya, mereka ingin menghadirkan solusi alternatif minyak goreng yang juga bersifat lebih sehat bila dibandingkan dengan minyak goreng dari kelapa sawi dan dari sinilah mereka memilih mikroalga.

Wow, Mahasiswa UGM Ubah Mikroalga Jadi Minyak Goreng.jpg

Chlorella vulgaris adalah salah satu spesies mikroalga yang sering dikultivasikan untuk diambil lipidnya sehingga pada umumnya mikroalga ini dimanfaatkan sebagai bahan baku biofuel,” tutur Jody, sebagaimana dikutip dari UGM.ac.id (15/9/2022).

Dengan riset bernama Chlorella Healthy Frying Oil yang menggunakan dana dari Kemendikbud Ristek, tim mahasiswa UGM itu berkolaborasi guna mengekstraksi minyak dari mikroalga tersebut di laboratorium di kampusnya. Menurut Jody, alasan utama kenapa timnya memilih mikroalga sebagai bahan utama dari minyak goreng mereka adalah dari sisi manfaatnya untuk lingkungan serta kesehatan dipandang jauh lebih baik bila dibandingkan kelapa sawit.

[Baca Juga: Catat Lokasinya, Ini Jadwal Operasi Pasar Minyak Goreng Murah Bandung]

Dari sisi lingkungan, mikroalga mampu dipanen dengan waktu yang lebih singkat, dapat menyerap karbondioksida dari udara lebih banyak, dan utamanya tidak memakan banyak lahan seperti kelapa sawit. Sedangkan dari sisi kesehatan, mikroalaga memang memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk tubuh Anda. palmitic acid, myristic acid, linoleic acid, eicosatrienoic acid, erucic acid, nervonic acid, oleic acid, karbohidrat, protein, klorofil a dan b, hingga antioksidan berupa karotenoid ada di dalam ekstraksinya. Saat ini inovasi dari para mahasiswa UGM ini disinyalir masih dalam bentuk riset dan masih membutuhkan banyak proses serta pengujian sebelum dapat digunakan secara konvensional.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.