Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

Meraih gelar doktor atau S3 bukanlah perihal yang mudah. Namun banyak orang yang mengejarnya, khususnya kalangan akademisi, dalam upaya agar dipandang lebih kompeten secara akademisnya sekaligus meningkatkan kapabilitas diri dalam jenjang karirnya.

Untuk meraihnya pun Anda siap kembali mengenyam bangku kuliah dengan berbagai materi yang jauh lebih berat dibandingkan jenjang S2 sehingga tak ayal banyak doktor yang perlu berkuliah S3 hingga tiga sampai empat tahun dengan tiga yang termasuk cepat. Tapi terbayangkah Anda bahwa ada yang mampu menyelesaikan S3 dalam kurun 2,5 tahun? Inilah yang berhasil dilakukan oleh mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun .jpg

Mahasiswi yang terbilang sangat cepat meraih gelar doktornya itu bernama Meka Saimi Perdani dan dirinya merupakan doktor ke-53 di Program Studi Teknik Kimia dan doktor ke-387 di FTUI. Hal yang lebih mengejutkannya lagi, selain menjadi mahasiswi tercepat dalam meraih gelar doktor di UI, Meka termasuk yang termuda! Pasalnya, perempuan ini baru berusia 25 tahun.

Sebagaimana dilansir dari UI.ac.id (21/1/2021), Meka meraih gelar doktornya usai ia berhasil mempertahankan desertasinya Kinerja Enzim Kolestrol Oksidase Rhodococcus Erythropolis BL21 (DE3) dan Steptomyces sp. Terimobolisasi Magnetit Modifikasi untuk Reaksi Oksidasi Kolestrol pada sidang terbuka yang digelar 15 Januari 2021 melalui Zoom. Hasil penelitian ini disebut purwarpanya bisa dimanfaatkan di dunia medis.

[Baca Juga: Menikmati Kuliner Terjangkau untuk Mahasiswa Dekat UI Depok]

Meka yang merupakan mahasiswi peraih beasiswa Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) menyebut, menikmati menjalani program S3-nya di FTUI. Apalagi berkat kuliah di sini, ia meraih kesempatan berkolaborasi dengan Tokyo University of Agriculture and Technology di Jepang dalam proses penyelesaian riset untuk desertasinya.

Hal yang mencengangkan lainnya dari Meka selain gelar doktornya adalah di usianya yang masih muda, dirinya saat ini sudah berprofesi sebagai pengajar kimia di Universitas Pertahanan. Bahkan namanya pun sudah tak asing lagi di berbagai jurnal ilmiah. Karena dirinya sudah memiliki catatan publikasi 14 artikel di jurnal-jurnal internasional yang terindeks scopus. Tentu saja karya-karya tersebut penting untuk semakin menguatkan statusnya sebagai akademisi.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.