Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indom aret.jpg

Bisnis

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indomaret

Aspek yang sebenarnya dirasa dibutuhkan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah pemasaran produk yang mereka hasilkan. Karena percuma bila produk yang dihasilkan sudah berkualitas dan sudah sesuai Standar Nasional Indonesia tapi tak dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Oleh karena itulah dirasa penting oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan untuk menggandeng jaringan ritel yang dapat membantu proses pemasaran ini. Hal inilah yang dilakukan Pemkot Jaksel bersama PT Indomarco Prismatama selaku pemilik jaringan retail mini market Indomaret.

Pemkot Jakarta Selatan disebut sebelum memasukkan produk UMKM dari wilayahnya ke Indomaret, pihaknya harus melakukan seleksi yang ketat. Karena hal ini demi memastikan kualitas serta shelf life yang harus dipertimbangkan agar bisa dipasarkan di gerai-gerai mini market tersebut. Proses kurasi ini digelar pada 27 Januari 2022 di Tempat Kumpul Kreatif Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak. Di mana dalam proses ini ada sekitar 80 produk UMKM yang harus dicek oleh Pemkot Jakarta Selatan dan PT Indomarco Prismatama.

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indomaret.jpg

“Artinya tidak semua 80 produk diajukan lantas semuanya masuk. Tapi setelah di kurasi ada beberapa produk yang memenuhi syarat. Baik dari segi kemasan, harga dan rasa sehingga bisa dipasarkan di gerai-gerai Indomaret,” ungkap Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Jakarta Selatan Dedy Dwi Widodo, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (27/1/2022).

Dedy melanjutkan, mayoritas produk yang dirinya kurasi berasal dari ranah kuliner dan memang dari sisi pengemasan serta perizinannya produknya sudah memenuhi syarat. Namun salah satu aspek yang harus juga dipertimbangkan dirinya dan Indomaret adalah kemampuan produksinya. Karena bila sudah dipasarkan di Indomaret nanti maka pelaku UMKM yang lolos produknya harus diap melakukan produksi rutin tanpa perlu menunggu pesanan seperti dulu.

[Baca Juga: Indomaret Jalan Brantas Adakan Bazar Sambut Tahun Baru 2022]

Aspek lainnya yang juga diperhatikan adalah sisi rasa serta ketahanan produk UMKM tersebut, bukan hanya shelf life-nya saja. “"Kami melihat kemasan ini, setelah dibuka, dimakan, dan ditutup lagi, besok kita coba lagi makan. Apakah rasanya berubah atau tidak. Biasanya proses kurasi paling cepat 1 bulan. Tergantung produknya,” tutur Kepala Cabang Indomaret Parung Andhika Artha P.

Bila sudah ditemukan produk mana saja yang lolos, maka Indomaret akan melakukan proses peluncuran terlebih dahulu di gerai yang sudah dipilih nanti. Bahkan untuk memudahkan konsumennya menemukan produk UMKM, di gerai tersebut, Indomaret akan menyediakan rak khusus yang isinya produk UMKM asal Jakarta Selatan.


Read More

PT Indomarco Prismatama

Kantor Perusahaan

+622129559100
None

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.