Wow! RW di Depok Ini Berikan Sedekah Internet untuk Pelajar.jpg

Pendidikan

Wow! RW di Depok Ini Berikan Sedekah Internet untuk Pelajar

Salah satu aspek yang paling ikut terpengaruh akibat pandemi COVID-19 yang membayangi Indonesia beberapa bulan terakhir adalah dunia pendidikan. Di mana kegiatan belajar-mengajar di kelas ditiadakan dan baru beberapa pekan terakhir beberapa sekolah mulai diizinkan untuk kembali beroperasi.

Namun hingga kini mayoritas institusi pendidikan seperti yang ada di Kota Depok masih menerapkan sistem belajar jarak jauh melalui daring dan tak bisa dipungkiri akses internet terkadang menjadi penghambat proses pembelajaran. Demi mengatasi ini, masyarakat Rukun Warga (RW) 07 di Kelurahan Ratujaya, Kota Depok memberikan solusi sosial.

Wow! RW di Depok Ini Berikan Sedekah Internet untuk Pelajar .jpg

Dari mulai kuota internet yang terbatas hingga tidak punya akses internet di rumah merupakan aspek yang kerap menjadi penghambat proses belajar-mengajar secara daring selama pandemi COVID-19. Prihatin dengan kondisi ini, warga RW 07 Kelurahan Ratujaya di Kampung Tertata Bersih dan Nyaman atau Setaman memberikan sedekah internet untuk para pelajar Sekolah Dasar (SD). Sehingga mereka dapat belajar hingga mengerjakan tugas tanpa perlu bingung dengan akses internet.

“Baru-baru ini kami menyediakan internet gratis bagi siswa-siswi SD di lingkungan Kampung Setaman, tepatnya di Warung Sembako Sampah Bang Yudi. Bantuan ini diberikan secara Cuma-Cuma atas dasar keprihatinan relawan terhadap dampak COVD-19 yang juga dirasakan siswa,” jelas Ketua RW 07 Sanusi, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (10/8/2020).

[Baca Juga: Disdik Kota Depok Minta Sekolah Tidak Beri Tugas Berlebihan saat PJJ]

Berdasarkan pandangan para warga setempat, tidak semua pelajar SD di wilayahnya mampu terus membeli kuota demi turut mengikuti setiap pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itulah fasilitas sedekah internet ini didirikan di Kampung Setaman. Namun karena lokasinya tidak memiliki ruang yang terlalu besar, pihak RW biasanya hanya membatasi sekitar 15-an pelajar SD.

Walau saat ini hanya untuk pelajar SD, Kampung Setaman memiliki rencana nantinya untuk mengembangkan lokasi sedekah internet ini. “Jika memungkinkan, ke depan kami upayakan juga untuk siswa SMP,” ucap Sanusi.

Sanusi melanjutkan, fasilitas untuk belajar secara daring ini khusus diperuntukkan untuk anak-anak warga sekitar yang dibuka dari Senin hingga Sabtu. Sedangkan untuk jam operasionalnya, fasilitas sedekah internet ini adalah pada pukul 08.00-15.00 WIB. Menariknya, selain untuk belajar jarak jauh secara daring, siswa-siswi yang datang ke fasilitas ini juga mendapatkan beragam edukasi seperti cara memilah sampah serta manfaatnya hingga menjalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang penting untuk diterapkan pada masa pandemi seperti ini.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.