Wow, SMAN 70 Jakarta Jadi Sekolah Ramah Anak

Pendidikan

Wow, SMAN 70 Jakarta Jadi Sekolah Ramah Anak

Mewujudkan institusi pendidikan sekolah dengan konsep sekolah ramah anak merupakan idaman bagi setiap murid serta orangtuanya. Mengapa tidak, dengan program ini maka sekolah dapat memberikan usaha maksimal dalam menjamin hak-hak anak dapat direalisasikan ketika sedang menimba ilmu di institusi pendidikan. Di mana proses melindungi anak-anak dari diskriminasi serta kekerasan di sekolah masuk ke dalam cakupannya. Salah satu sekolah yang baru-baru ini mengumumkan telah menerapkan program ini adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 70 Jakarta Selatan.

Wow, SMAN 70 Jakarta Jadi Sekolah Ramah Anak

Sekolah yang berlokasi di Jalan Bulungan Blok C/1 No.1, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu mengumumkan implementasi program Sekolah Ramah Anak pada 7 Oktober 2019. Deklarasi yang digelar di halaman SMAN 70 Jakarta ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan ulang tahun ke-38 dari sekolah negeri tersebut.

[Baca Juga: Bekasi Terima Penghargaan Layanan Kesehatan Ramah Anak dari KPAI]

Pada acara deklarasi ini, Pemerintah Kota Jakarta Selatan pun menyambutnya dengan positif. Mengingat Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali dan Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Selatan Nahdiana juga turut hadir di sana. Marullah bahkan berharap, langkah SMAN 70 Jakarta dapat ditiru sekolah-sekolah lain yang tak hanya mencakup Jakarta Selatan tapi juga di seluruh institusi pendidikan Ibu Kota.

“Kami berharap SMAN 70 akan menjadi pelopor bukan cuma tingkatan Jakarta Selatan tapi juga di DKI Jakarta. Bahkan juga di seluruh Indonesia, kita melihat alumni-alumni SMAN 70 sudah banyak yang berkiprah di tingkat nasional. Mudah-mudahan anak-anak yang sekarang masih belajar di sini akan meneruskan kesuksesan senior-seniornya,” ujar Marullah, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (7/10/2019).

[Baca Juga: Ini Dia 5 Tanda Rumah Ramah Anak]

Bila berbicara mengenai program Sekolah Ramah Anak maka yang diharapkan dari pihak murid dan orangtua adalah hilangnya unsur perundungan atau bullying. Hal ini pun sempat membayangi SMAN 70 Jakarta beberapa tahun yang lalu, jauh sebelum deklarasi ini. Nahdiana juga tidak menampik bahwa hal ini bisa terjadi semua sekolah. Namun ia tegaskan, langkah untuk membendung kemungkinan terjadinya hal seperti ini harus diterapkan sekolah dalam membentuk kebijakan preventif.

“Ini bagian yang digagas oleh kepala-kepala sekolah, terutama di Sekolah Ramah Anak ini agar anak-anak berkegiatan positif. Ketika anak-anak sudah nyaman bersekolah, harapannya akan lebih betah di sekolah sehingga bisa lebih berkreasi dan mengeksplorasi potensi yang ada sehingga untuk ke arah-arah negatif itu dikelola dengan baik oleh sekolah,” imbuh Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Selatan itu.

Read More

Artikel Lainnya

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Apakah Fungsi Ada Kotak Biru di Stasiun LRT?

27 February 2020, 13:00

Apakah Pointers pernah melihat ada kotak biru di seluruh stasiun LRT Jakarta? Kota itu akan ada sampai 2 Maret 2020. Kotak apakah itu?

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

Kuliner

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

27 February 2020, 12:00

Tahukah Anda kandungan nutrisi dalam roti sourdough terbilang lebih baik untuk tubuh manusia dibandingkan roti konvensional?

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

27 February 2020, 11:00

Terendamnya 94 titik di Jakarta telah menarik simpati berbagai pihak. Solidaritas untuk sesama, PT LRT Jakarta dan ACT Sulsel galang donasi bagi warga korban banjir.

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

Bisnis

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

27 February 2020, 10:00

Gelar Produk IKM Jakarta dilangsungkan di Mal Sarinah. Pusat perbelanjaan tertua di Jakarta ini memang fokus pada UKM.


Comments


Please Login to leave a comment.