Wow, Ternyata Buah Kiwi Simpan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Kesehatan

Wow, Ternyata Buah Kiwi Simpan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Bila dibandingkan buah yang dijual umum lainnya, buah kiwi memang bisa dikatakan tidak sepopuler jeruk, apel, atau stroberi. Namun di balik bentuknya yang unik, buah ini ternyata memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Sehingga tidak mengherankan bila masyarakat di negara-negara Barat banyak menjadikan buah kiwi sebagai bagian dari pola konsumsi mereka setiap hari, dari mulai untuk sarapan hingga hidangan penutup. Namun kira-kira apa saja ya manfaat dari buah kiwi untuk kesehatan?

Seperti yang dijelaskan di atas, buah kiwi kerap dikonsumsi karena kandungannya yang memicunya dipandang sebagai makanan sehat. Salah satu pemicunya adalah kandungan vitamin C yang tinggi dari buah ini tapi selain itu masih banyak kandungan nutrisi lainnya seperti antioksidan yang baik untuk kesehatan Anda. Sebagaimana dilansir dari healthline.com (7/1/2020), berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah kiwi.

[Baca Juga: Ini Resep Smoothies Buah Kiwi Sederhana nan Nikmat]

1) Membantu Anak yang Menderita Asma

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan. Kandungan ini disinyalir dapat membantu proses pengobatan penderita penyakit asma. Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2000, konsumsi buah segar seperti kiwi secara rutin disebut memberikan efek yang baik untuk fungsi paru-paru. Bahkan buah kiwi disinyalir mampu mengurangi terjadinya mengi kepada anak-anak yang rentan atau menderita asma.

Wow, Ternyata Buah Kiwi Simpan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

2) Baik untuk Pencernaan

Buah kiwi ternyata memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk pencernaan Anda jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan dalam serat ini ada kandungan enzim proteolitik bernama actinidin yang disebut mampu meningkatkan proses pencernaah terhadap protein. Selain itu, ada juga studi di tahun 2019 yang menemukan jika orang yang sehat rutin makan buah kiwi maka usus kecilnya dapat lebih mampu dalam menampung air sehingga membantu menghasilkan tinja yang lunak dengan frekuensi yang sering.

3) Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kiwi terbilang kaya akan nustrisi dengan salah satu yang tertinggi adalah kandungan vitamin C-nya. Bayangkan saja, dalam satu cangkir buah kiwi, kandungan vitamin C-nya disebut memiliki jumlah 273 persen jumlah nilai harian yang direkomendasikan untuk dikonsumsi harian oleh Anda. Tentu saja jumlah vitamin C ini penting mengingat nutrisi ini penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Berdasarkan penelitian yang diunggah di Canadian Journal of Physiology and Pharmacology, konsumsi buah kiwi sangat baik karena dapat mengurangi kemungkinan Anda terjangkit penyakit flu. Bahkan buah ini sangat direkomendasikan untuk kelompok usia berisiko seperti usia 65 tahun ke atas serta anak-anak demi kekebalan tubuh mereka.

[Baca Juga: Buah Yuzu, Si Kuning Nan Bermanfaat dari Jepang]

Itulah beberapa manfaat dari konsumsi buah kiwi secara rutin dan sebenarnya disinyalir buah yang menjadi ikon di negara Selandia Baru ini masih banyak menyimpan manfaat lainnya. Namun sebagai catatan agar manfaatnya terasa untuk kesehatan Anda, ada baiknya mengonsumsi buah kiwi secara rutin satu hingga maksimal tiga buah per harinya.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.