Wow, Ternyata Buah Kiwi Simpan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Kesehatan

Wow, Ternyata Buah Kiwi Simpan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Bila dibandingkan buah yang dijual umum lainnya, buah kiwi memang bisa dikatakan tidak sepopuler jeruk, apel, atau stroberi. Namun di balik bentuknya yang unik, buah ini ternyata memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Sehingga tidak mengherankan bila masyarakat di negara-negara Barat banyak menjadikan buah kiwi sebagai bagian dari pola konsumsi mereka setiap hari, dari mulai untuk sarapan hingga hidangan penutup. Namun kira-kira apa saja ya manfaat dari buah kiwi untuk kesehatan?

Seperti yang dijelaskan di atas, buah kiwi kerap dikonsumsi karena kandungannya yang memicunya dipandang sebagai makanan sehat. Salah satu pemicunya adalah kandungan vitamin C yang tinggi dari buah ini tapi selain itu masih banyak kandungan nutrisi lainnya seperti antioksidan yang baik untuk kesehatan Anda. Sebagaimana dilansir dari healthline.com (7/1/2020), berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah kiwi.

[Baca Juga: Ini Resep Smoothies Buah Kiwi Sederhana nan Nikmat]

1) Membantu Anak yang Menderita Asma

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan. Kandungan ini disinyalir dapat membantu proses pengobatan penderita penyakit asma. Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2000, konsumsi buah segar seperti kiwi secara rutin disebut memberikan efek yang baik untuk fungsi paru-paru. Bahkan buah kiwi disinyalir mampu mengurangi terjadinya mengi kepada anak-anak yang rentan atau menderita asma.

Wow, Ternyata Buah Kiwi Simpan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

2) Baik untuk Pencernaan

Buah kiwi ternyata memiliki banyak kandungan serat yang baik untuk pencernaan Anda jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan dalam serat ini ada kandungan enzim proteolitik bernama actinidin yang disebut mampu meningkatkan proses pencernaah terhadap protein. Selain itu, ada juga studi di tahun 2019 yang menemukan jika orang yang sehat rutin makan buah kiwi maka usus kecilnya dapat lebih mampu dalam menampung air sehingga membantu menghasilkan tinja yang lunak dengan frekuensi yang sering.

3) Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kiwi terbilang kaya akan nustrisi dengan salah satu yang tertinggi adalah kandungan vitamin C-nya. Bayangkan saja, dalam satu cangkir buah kiwi, kandungan vitamin C-nya disebut memiliki jumlah 273 persen jumlah nilai harian yang direkomendasikan untuk dikonsumsi harian oleh Anda. Tentu saja jumlah vitamin C ini penting mengingat nutrisi ini penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Berdasarkan penelitian yang diunggah di Canadian Journal of Physiology and Pharmacology, konsumsi buah kiwi sangat baik karena dapat mengurangi kemungkinan Anda terjangkit penyakit flu. Bahkan buah ini sangat direkomendasikan untuk kelompok usia berisiko seperti usia 65 tahun ke atas serta anak-anak demi kekebalan tubuh mereka.

[Baca Juga: Buah Yuzu, Si Kuning Nan Bermanfaat dari Jepang]

Itulah beberapa manfaat dari konsumsi buah kiwi secara rutin dan sebenarnya disinyalir buah yang menjadi ikon di negara Selandia Baru ini masih banyak menyimpan manfaat lainnya. Namun sebagai catatan agar manfaatnya terasa untuk kesehatan Anda, ada baiknya mengonsumsi buah kiwi secara rutin satu hingga maksimal tiga buah per harinya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.