Cegah Pencemaran Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wujudkan Alam Tanpa Plastik, Depok Deklarasikan Plastic Smart Cities

Pada akhir Agustus 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mendeklrasikan diri sebagai kota pertama di Indonesia yang menerapkan program World Wide Fund for Nature atau WWF bertajuk Plastic Smart Cities. Di mana program yang sudah diterapkan di sejumlah kota-kota di berbagai negara itu berupaya untuk menghentikan kebocoran plastik di alam. Setelah Kota Hujan, pada akhir September ini giliran Kota Depok yang mendeklrasikan penerapan program tersebut.

Program yang diinisiasikan WWF ini menargetkan menjauhkan plastik dari lingkungan pada tahun 2023 dan bagi Pemkot Depok ini merupakan sesuatu perlu didukung. Mengingat Plastic Smart Cities merupakan tindakan nyata yang menggandeng pemerintah, masyarakat, swasta, akademisi, dan lembaga internasional demi menghilangkan kebocoran sampah plastik ke lingkungan.

Demi Hentikan Kebocoran Plastik ke Alam, Depok Deklarasikan Plastic Sma rt Cities.jpg

“Rencana aksi program PSC ini akan dilaksanakan pada tiga kecamatan yang sudah diteliti melalui scoping baseline study. Di antaranya Kecamatan Bojongsari, Sawangan, dan Cipayung,” ungkap Wakil Wali Kota Depok Imam Budi saat menghadiri deklarasi program dari WWF itu, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (27/9/2021).

Dari sisi realisasinya, program yang disingkat PSC itu diterapkan melalui kolaborasi antara bank sampah dengan berbagai komunitas yang fokusnya bergerak di isu lingkungan serta sampah plastik. Di mana komunitas itu akan saling berbagi jobdesk dengan Imam mencontohkan bisa dilakukan melalui pembuatan alat untuk mengolah plastik menjadi bahan bakar yang dapat dimanfaatkan untuk kompor atau kendaraan bermotor.

Demi Hentikan Kebocoran Plastik ke Alam, Depok Deklarasikan Plastic Smart Cities.jpg

Dukungan Pemkot Depok menurutnya juga tak terlepas dari upaya pengembangan sistem pengelolaan sampah di Kota Belimbing khususnya, sampah plastik. “Selain itu, perumusan tata kelola sampah juga sejalan dengan isu prioritas dari Kota Depok yaitu penanganan dan pengelolaan sampah berbasis kemasyarakatan,” pungkasnya.

Sekadar informasi, program Plastic Smart Cities merupakan program yang diinisiasikan WWF sejak tahun 2018 demi mendukung agenda terbentuknya alam tanpa plastik. Di mana program ini mendorong dan mendukung berbagai kota serta wilayah pesisir yang mengambil langkah berani untuk berupaya menghentikan polusi plastik dengan targetnya mengurangi 30 persen kebocoran plastik di alam dalam waktu dekat dan jangka panjangnya di tahun 2030 dengan target alam bebas plastik sepenuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.