Depok Smart City 1.jpg

Berita Kawasan

Wujudkan Konsep Smart City, Pemkot Depok Bangun DeCOR

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menjadikan Depok smart city. Hal tersebut diwujudkannya dengan membangun Depok City Operation Room (DeCOR). DeCOR terintegrasi langsung dengan sejumlah kamera pengintai, data warga, hingga layanan aduan sejumlah dinas.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, pengadaaan DeCOR ini sebagai upaya penerapan salah satu misi Kota Depok yakni penyelenggaraan pelayanan publik yang profesional dan transparan.

“Ini guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ujar Mohammad Idris seperti dikutip depok.go.id (23/1/2019).

[Baca Juga: Diskominfo Mudahkan Pelayanan dengan Aplikasi Depok Single Window]

Pelayanan yang terintegrasi dengan DeCOR antaranya Area Traffic Control (ATCS) yang dimiliki Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Call Center dan pelayanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 yang dimiliki Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), NTPD yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes), pelayanan pemadam kebakaran, serta pelayanan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Setiap aduan yang dilaporkan, kita secepatnya akan merespon ke instansi terkait. Misalnya ada kasus kriminalitas, laporan yang masuk melalui penggilan darurat 112 langsung diteruskan ke pihak kepolisian sehingga penanganannya lebih cepat,” ujar Mohammad Idris.

Depok City OPeration Room atau DeCOR

Guna menunjang kinerja DeCOR, Pemkot Depok pada tahun ini berencana akan menambah 10 closed circuit television (CCTV). Nantinya, CCTV dipasang di berbagai titik di seluruh penjuru Kota Depok. Pengendalian CCTV ini tetap berada di bawah kontrol Dinas Perhubungan, namun untuk pemantauannya tetap di DeCOR.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono mengungkapkan, adanya operation room ini sebagai kendali terpadu dan terintegrasi untuk memantau serta menerima data berbasis teknologi.

“Sasarannya dalam rangka menyempurnakan pelayanan publik. Kami juga dapat memonitor keadaan kota dengan menggunakan layar lebar yang tersambung dari CCTV yang tersebar di penjuru Depok,” kata Sidik Mulyono.

[Baca Juga: Jakarta Raih Peringkat ke-47 Smart City Government]

Berbagai fasilitas tersedia di DeCOR, antaranya adalah ruang kendali yang tersambung dengan monitor besar, ruang tunggu, ruang rapat dengan fasilitas teleconference yang dapat dilakukan ke berbagai kantor kecamatan dan kelurahan se-Kota Depok. DeCOR juga didukung dengan perangkat Uninterruptible Power Supply (UPS), server, audio video yang maksimal.

DeCOR memiliki 12 petugas yang memiliki tanggung jawab berbeda. Di antaranya petugas yang menangani bidang kesehatan, bidang kebakaran dan penyelamatan, bidang lalu lintas jalan, bidang polisi pamong praja, bidang komunikasi dan informatika dan bidang pelayanan administrasi data.

"Kami berharap seluruh layanan berbasis teknologi informasi ini bisa terintegrasi menjadi satu dan dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Sidik.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.