Wujudkan Smart City, Kota Tangerang Optimalkan Teknologi Informasi

Berita Kawasan

Wujudkan Smart City, Kota Tangerang Optimalkan Teknologi Informasi

Konsep Smart City yang dilakukan Kota Tangerang sudah berjalan sejak tahun 2016 yang dibuktikan dengan hadirnya 174 aplikasi, pembangunan ruang kendali Tangerang Live Room, serta portal Tangerang Live. Dengan berbagai perkembangannya dalam mewujudkan Smart City, kota ini pun terpilih dalam 25 Kabupaten atau gerakan 100 Smart City Indonesia oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Hal tersebut menjadikan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang semakin menata diri dalam pengembangan Kota Cerdas.

Sebagaimana mengutip tangerangkota.go.id (16/07/2019). Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Indri Astuti, yang hadir pada acara pembukaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) menuturkan, Kota Tangerang dibawah kepemimpinan Wali Kota Arief R. Wismansyah, memang dalam beberapa tahun terakhir terus melakukan pembenahan pelayanan publik dengan mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi, tak semata karena adanya proses penilaian RKCI 2019,” ujarnya di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (12/07/2019).

Wujudkan Smart City, Kota Tangerang Optimalkan Teknologi Informasi

Konsep Smart City terus dikembangkan pemkot Tangerang yang dimulai dari Tahun 2016, melalui hadirnya Smart City 1.0 untuk integrasi aplikasi. Berlanjut pada 2017, Smart City 2.0 untuk layanan public. Dan pada 2018, Smart City 3.0 pengembangan aplikasi geospasial. Dengan turut didukung para sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya.

[Baca Juga: Wujudkan Konsep Smart City, Pemkot Depok Bangun DeCOR]

Terkait untuk RKCI, pihaknya yakin Kota Tangerang layak jadi Kota panutan dengan konsep Smart City yang telah dilakukannya. "Jadi kalau untuk penilaian RKCI, insya allah Kota Tangerang sih sudah mempunyai tiga keunggulan dokumen terkait pemetaan kota cerdas," katanya.

Indri menjelaskan, ketiga dokumen tersebut terdiri dari masterplan Smart City, tim Smart City serta pemenuhan indikator Smart City melalui dokumentasi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan dampak yang diperoleh.

Dia menambahkan, RKCI adalah pemetaan yang dilakukan dengan menilai kondisi kota berdasarkan elemen kualitas hidup, sehingga setiap kota mampu memahami kotanya bertransformasi menuju Kota Cerdas. Elemen tersebut mulai dari ekonomi, sosial, lingkungan dan elemen pemungkin yaitu tata kelola, infrastruktur dan teknologi masyarakat. "Kegiatan pemetaan ini yaitu kegiatan dua tahunan yang dimulai pertama kali pada 2015," jelasnya.

[Baca Juga: Jakarta Raih Peringkat ke-47 Smart City Government]

Diketahui, pemakaian teknologi tidak bisa di hindari dalam mencapai tujuan Kota Cerdas. Peralatan teknologi dapat diusahakan untuk ketersediannya tetapi peranan kepala daerah serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), harus juga cerdas dalam penggunaan teknologi. "Kepala daerah dan OPD, harus dapat menjadi penggerak bagi masyarakat dalam mengimplementasikan penggunaan teknologi yang tepat dalam pengembangan kota ke depan," tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.