Yayasan Kanker Indonesia Kota Bogor Akan Adakan Cerdas Cermat

Pendidikan

Yayasan Kanker Indonesia Kota Bogor Akan Adakan Cerdas Cermat

Awal bulan Februari lalu, tepatnya setiap tanggal 4 Februari seluruh dunia memperingati Hari Kanker untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Hari Kanker Sedunia diinisiasi Union for International Cancer Control untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008.

Sebagai bentuk peringatan Hair Kanker, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bogor untuk pertama kalinya akan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC). Lomba ini diikuti 30 komunitas di Kota Bogor yang sudah mendaftar terlebih dahulu.

Yayasan Kanker Indonesia Kota Bogor Akan Adakan Cerdas Cermat

LCC ini akan digelar dengan konsep fun dan rencananya kegiatan ini akan diadakan di Taman Ekspresi, Jalan Sempur, Kota Bogor, Minggu 1 Maret 2020 mendatang.

Mengutip dari kotabogor.go.id (25/2/2020), kegiatan lomba ini akan dibuka dengan senam di Plaza Balai Kota Bogor. Lalu, 600 peserta yang hadir dari 30 komunitas akan dilepas oleh Wali Kota Bogor. "Peserta jalan kaki bersama menuju Taman Ekspresi," ujar Ketua YKI Kota Bogor Yane Ardian.

[Baca Juga: Apakah Konsumsi Cokelat Berlebih Tingkatkan Risiko Kanker?]

Yane menyebutkan, lomba cerdas cermat ini akan fokus pada materi mengenai Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) dan Kanker, sesuai arahan Wali Kota Bogor.Soal-soal pertanyaan pun tidak akan terlalu banyak dan bisa mudah dipahami peserta.

Kegiatan lomba cerdas cermat yang dilaksanakan YKI Kota Bogor ini bertujuan untuk mengedukasi peserta dan masyarakat melalui materi yang diberikan. Mengingat ada 423 penderita kanker di Kota Bogor selama 2019, diantaranya 226 penderita kanker payudara, 35 penderita kanker rahim dan ovarium, 23 penderita kanker darah, 139 penderita kanker lainnya dan 45 orang dinyatakan kanker stadium akhir.

[Baca Juga: Mobil Detektif Cantiks Berikan Layanan Deteksi Kanker Serviks]

"Semoga acara ini disambut baik Komunitas dan masyarakat agar fungsi YKI sebagai organisasi kuratif dan promotif bisa terwujud," ujar Yane.

Wakil Ketua Panitia Oki Kurniawan menyebutkan, dalam acara ini, YKI Kota Bogor juga akan mengedukasi semua orang yang berpartisipasi, bukan hanya peserta dengan cara yang fun sehingga tidak membosankan. Bahkan, komunitas yang mengikuti lomba ini rencananya akan menampilkan performance dengan tema kanker dan PHBS.

"Dengan metode lomba cerdas cermat, peserta jadi belajar menghafal dan mempelajari kanker sehingga lebih mengerti. Harapannya kalau acara ini berhasil maka akan lebih banyak masyarakat yang teredukasi tentang kanker," sebut Oki.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.