Yoga Dapat Jadi Solusi Olahraga untuk Cedera Lutut

Kesehatan

Yoga Dapat Jadi Solusi Olahraga untuk Cedera Lutut

Lutut merupakan bagian dari anggota tubuh yang penting untuk menopang mobilitas pergerakan kaki kita sehari-hari. Sehingga ketika Anda mengalami cedera di bagian lutut maka bisa dipastikan akan terjadi perubahan terhadap pergerakan Anda. Baik itu cedera akibat kecelakaan atau struktur tulang di area lutut yang bermasalah, keadaan ini dapat menghambat aktivitas Anda. Pasalnya, Anda akan diminta menghindari kegiatan fisik yang memberatkan beban lutut. Tentu saja ini termasuk berolahraga seperti lari, bermain bola, hingga fitness di gym.

Yoga Dapat Jadi Solusi Olahraga untuk Cedera Lutut

Bila Anda mengalami kondisi di atas namun tetap ingin berolahraga untuk tetap menjaga kebugaran, terdapat solusi yang bisa Anda coba. Solusi itu adalah yoga. Mengingat banyak gerakan yoga yang bisa disesuaikan bagi seseorang yang mengalami cedera lutut seperti yang dijelaskan oleh instruktur YOGACITY Atul Mishra.

“Bagi orang yang memiliki permasalahan di lututnya, kita tidak pakai pose-pose di area lutut, kita pakai pose yang memperkuat otot paha dan betis. Untuk membuat lutut yang relaks, bisa juga menggunakan handuk di antara otot paha dan betis saat yoga,” tutur Mishra kepada PingPoint.co.id di sela-sela Grand Opening Ceremony YOGACITY di Lantai Rooftop Pondok Indah Mall 2, Jalan Metro Pondok Indah Kav.IV Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (10/10/2019).

[Baca Juga: YOGACITY Resmikan Klub Pertamanya di Pondok Indah Mall 2]

Mishra melanjutkan, aspek penguatan otot paha serta betis dalam hal ini sangatlah penting demi membantu menopang pergerakan akibat permasalahan di lutut sekaligus membantu menjaga kebugaran dalam proses pemulihan. Menurutnya terdapat beberapa contoh pose yoga yang tepat untuk orang-orang yang mengalami cedera lutut.

“Pose cat and cow bagus untuk sakit lutut dan memperkuat paha. Pose leg rotation sembari berdiri juga bagus. Ketiga, jika Anda ingin melakukannya sambil rebahan, ada pose yang dinamakan uttannasana yang bagus juga untuk memperkuat kaki,” ujar instruktur YOGACITY itu.

[Baca Juga: Ini Alasan Kembar Valerie dan Veronika Geluti Dunia Yoga]

Ia menegaskan, untuk orang yang mengalami masalah di lutut maka pose yoga yang harus dihindari adalah yang berdiri. Hal ini demi mencegah membebani area lutut secara berlebihan sehingga dapat memperparah cedera lutut. Oleh karena itulah pose-pose yang kebanyakan dilakukan adalah yang duduk atau berbaring.

Mishra menambahkan, bagi orang-orang yang mengalami cedera lutut harus berusaha menghindari kegiatan yang di mana membuat lutut tertekuk. “(Jika terpaksa) menekuk lutut, Anda harus menempatkan handuk di antara lutut (antara otot paha dan betis) agar tidak terlalu memberikan tekanan terhadap lutut,” tambahnya.

Read More

Artikel Lainnya

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.