Yogyakarta Komik Weeks 2020 Dipendam Pandemi

Hobi dan Hiburan

Yogyakarta Komik Weeks 2020 Dipendam Pandemi

Yogyakarta Komik Weeks 2020 digelar 9-15 Oktober di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Komikus dari berbagai daerah berpesta memamerkan karya merespon situasi ‘Dipendam Pandemi’ yang jadi tajuk gelaran tahun kedua ini. Kurator Yogyakarta Komik Weeks 2020 Terra Bajraghosa mengungkap, penyelenggaraan tahun ini memadukan online dan offline exhibition. Hal tersebut untuk tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

“Pameran kami gelar di Sonobudoyo 9-15 Oktober namun pengunjung luring kami batasi 60 orang per harinya terbagi dalam dua sesi. Selain itu kami juga akan adakan diskusi melalui daring yang bisa diakses penggemar komik dari mana pun,” ungkap Terra seperti diberitakankrjogja.com(14/10/2020).

Yogyakarta Komik Weeks 2020 Dipendam Pandemi

Secara khusus, Yogyakarta Komik Weeks 2020 memberikan apresiasi pada komikus kawakan almarhum Wid NS dan Asnar Zacky. Almarhum Wid dikenal dengan komik superhero Godam dan Aquanus yang kini karya-karyanya banyak diburu kolektor. “Untuk Asnar Zacky, beliau begitu menginspirasi karena menginisiasi mata kuliah komik untuk masuk ke kurikulum pengajaran tahun 1996. Karya Zacky juga luar biasa seperti Jakarta 2039 dan Sukab Intel Melayu berkolaborasi dengan Seno Gumira Ajidarma,” Terra menjelaskan.

[Baca Juga: Musim Seni Salihara, Festival Daring dari Jakarta Selatan]

Sementara dalam gelaran tahun ini dipamerkan pula karya 30 finalis Kukuruyug Dipendam Pandemi. Para komikus mulai tingkat SMA/SMK memamerkan karya merespons situasi terkini Indonesia. “Menarik menyaksikan mereka merespon, tak hanya melulu COVID-nya saja tapi kemudian juga ke ranah politik di mana kontestasi pilkada mulai bergulir. Menarik sekali dan sangat layak disaksikan. Tambah juga kami coba menyusun timeline komik sejak tahun 2000 hingga 2020 di Yogyakarta,” pungkas Terra.

Kehadiran Godam dan Aquanus

Ada yang menarik dalam gelaran pameran Yogyakarta Komik Weeks 2020 kali ini yaitu menghadirkan tokoh superhero Godam dan Aquanus karya dari Widodo Noor Slamet. Widodo yang akrab disapa Wid NS merupakan salah satu tokoh komikus ternama Indonesia yang memulai debutnya di dunia perkomikan Indonesia pada tahun 1960an.

Yogyakarta Komik Weeks 2020 Dipendam Pandemi

Selain itu Wid NS juga merupakan sahabat dari Harya Suraminata atau Hasmi pencipta tokoh superhero Gundala. “Karya Wid NS merupakan ikon legenda komik Indonesia, dan sangat perlu kita hadirkan sebagai pembelajaran bahwa perjalanan komik Indonesia memang panjang,” ujar Catur Danang, korator lain acara tersebut seperti diberitakan gudeg.net (13/10/2020).

Pengunjung dapat menikmati sejumlah serial komik Godam dan Aquanus terpajang pada salah satu ruang pamer. Selain dua tokoh superhero tersebut terdapat juga serial komik horor milik Wid NS yaitu Pengantin Rumah Kubur yang diterbitkan pada tahun 1968 silam. “Ini memang apresiasi kami terhadap para komikus yang menjadi panutan dan berpengaruh terhadap perkembangan komik Indonesia,” jelas Catur.

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.