Yogyakarta Siapkan Tempat Karantina untuk Pemudik

Berita Kawasan

Yogyakarta Siapkan Tempat Karantina untuk Pemudik

COVID-19 diprediksi belum akan selesai saat memasuki Idul Fitri, maka dari itu pemerintah mengimbau untuk masyarakat tidak pulang ke kampung halaman pada lebaran tahun ini. Akan tetapi, sebagai salah satu kota tujuan mudik, pemerintah Kota Yogyakarta berupaya untuk menekan penyebaran Virus Corona yang berasal dari kota zona merah dengan menyiapkan tempat karantina di dua lokasi.

Tempat karantina ini nantinya akan digunakan bagi pendatang atau pemudik yang membutuhkan tempat untuk menjalankan isolasi mandiri. Dikutip dari jogja.tribunnews.com(8/4/2020) Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi menyebutkan, sudah ada sekitar 550 pemudik yang sudah tercatat memasuki kota. Data ini didapatkan dari kelurahan dan kecamatan yang mencatat kedatangan pemudik.

Yogyakarta Siapkan Tempat Karantina untuk Pemudik

Pendatang wajib lapor RT/RW dan melakukan isolasi serta pemeriksaan kesehatan. Heroe berharap, setiap pemudik lebih dulu mengetes kesehatannya sebelum memutuskan untuk pergi ke Yogyakarta. Heroe melanjutkan, pihaknya sudah menyiapkan tim siaga untuk memeriksakan kondisi kesehatan pendatang secara umum dan mendata daerah asal pendatang di terminal maupun stasiun.

"Meskipun sudah diperiksa, pemudik yang datang harus tetap isolasi diri selama 14 hari dan melakukan pemeriksaan. Karena otomatis pemudik, statusnya menjadi ODP (Orang dalam Pemantauan)," sebut Heroe.

[Baca Juga: Belum Tutup, Taman Pintar Yogyakarta Batasi Jam Operasional]

Tempat yang digunakan untuk karantina pemudik ini masing-masing berkapasitas 20 kamar dan 30 kamar. Heroe menyebutkan setiap pendatang yang masuk wilayah Yogyakarta akan diwajibkan melakukan isolasi diri selama 14 hari. Seperti dilansir dari cnnindonesia, tempat ini dikhususkan untuk pemudik yang tidak memiliki ruangan khusus untuk isolasi mandiri.

"Kita siapkan, saat ini sudah tersedia 50 kamar. Tetapi yang kita tampung yang memang perlu ada penampungan. Yang saat ini pulang itu adalah keluarga dari warga sendiri, sampai saat ini belum ada masalah," ujar Heroe.

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat mengatakan, pihaknya sedang mencari lokasi untuk membangun dapur umum guna membantu pemenuhan kebutuhan pangan bagi pendatang yang masuk dalam kategori ODP dan masuk dalam karantina sementara.

Read More

Artikel Lainnya

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi Covid-19.jpeg

Pendidikan

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi

02 June 2020, 21:00

Mahasiswa dapat membantu masyarakat mulai mengedukasi, pendataan hingga menggerakkan ekonomi masyarakat desa.

Mulai 12 April, Pengguna Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

Bisnis

Selain Masalah Protokol Kesehatan, Ini Tantangan Transportasi Umum Di Masa New Normal

02 June 2020, 20:28

Bila nantinya wacana new normal ini benar-benar diterapkan, maka perlu kesiapan dalam pengaktifan transportasi umum di Ibu Kota.

Atasi Gerah di Rumah Tanpa AC_1.jpg

Properti dan Solusi

Atasi ‘Gerah’ di Rumah Tanpa AC dengan Cara Ini

02 June 2020, 20:23

Selain menggunakan AC, cara berikut dapat dipraktikkan agar tidak merasa kepanasan di dalam rumah.

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

Berita Kawasan

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

02 June 2020, 20:00

Selama masa pandemi COVID-19, perusahaan dapat menentukan pekerja yang perlu bekerja di kantor atau bekerja dari rumah.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 1 month, 3 weeks lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88 net bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Natasya88 1 month, 3 weeks lalu
    Natasya88

    ⁣Masih tetap #bersamamelawanviruscorona cukup #dirumahaja dan utk mengusir kejenuhan yang anda rasakan. silahkan bisa lsg join dan cukup bermain game kartu yang ada di situsjadul.com serta bisa pilih/ambil bonusnya guys.