Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

Tindakan kejahatan klitih merupakan momok bagi Kota Yogyakarta mengingat ini melibatkan anak dan remaja di jalanan Kota Gudeg di kala malam hari. Oleh karena itulah Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berupaya mencegah klitih demi memastikan kotanya kondusif serta generasi mudanya terhindar dari aksi kriminal. Dari sinilah Pemkot Yogyakarta telah secara resmi menerapkan kebijakan jam malamnya dan meminta orangtua untuk memastikan anak-anak mereka menaati aturan ini.

Kebijakan aturan jam malam ini diresmikan melalui Peraturan Wali Kota Nomor 49 Tahun 2022 yang sebenarnya sudah diberlakukan sejak April 2022. Dalam kebijakan ini tertuang peraturan yang memastikan anak-anak dan remaja tidak boleh berada di luar rumah dari pukul 22.00-04.00 WIB. Demi semakin menguatkan resminya pemberlakuan kebijakan untuk mencegah aksi klitih ini, Satpol PP Kota Yogyakarta disebut dikerahkan ke lapangan secara rutin untuk memastikan anak di bawah umur mengikuti aturan ini.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Mud a.jpg

Pj Wali Kota Yogyakarta Yogyakarta Sumadi pada akhir pekan kemarin membahas alasan di balik mengapa pihaknya harus menerapkan kebijakan ini. Pada dasarnya, ia memaparkan bahwa kenakalan remaja biasanya dipicu oleh kurangnya interaksi dari keluarga apalagi bila orangtua cenderung membiarkan mereka tidak pulang ke rumah saat jam menunjukkan pukul 22.00 WIB. Dari sinilah kebijakan dari pemerintah dirasa dibutuhkan.

“Jam malam bukan berarti menakutkan seperti situasi mencekam. Itu adalah sebuah upaya mengeliminir anak-anak agar tidak punya kegiatan (negatif) di luar rumah seperti klitih. Kita coba. Jadi jika ada anak-anak bergerombol tidak tentu tujuannya kami lakukan pembinaan, teguran lisan dan kita data,” tuturnya dalam kegiatan Wisuda Akbar Penghalaf Al-Quran PPTQ Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta, sebagaimana dikutip dari Warta.Jogjakota.go.id (26/6/2022).

[Baca Juga: Pakar UGM: Pandemi Jadi Salah Satu Pemicu Klitih]

Seperti yang diungkapkan Sumadi, Pemkot Yogyakarta pada dasarnya melibatkan Forum Kampung Panca Tertib untuk memastikan anak-anak di wilayah naungan forum FKPT itu berada di rumah ketika pukul 22.00 WIB. Kedua melalui patroli keliling Satpol PP yang juga kerap menggandeng elemen Polri/TNI dan bila memang ada anak-anak atau remaja yang terciduk tetap nekat melakukan aksi nongkrong di malam hari maka sanksi siap dijatuhkan sampai dengan yang paling berat adalah dibawa untuk masuk pembinaan di balai rehabilitasi.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.