Youtube FanFest 2020 Digelar Virtual untuk Pertama Kali

Hobi dan Hiburan

YouTube FanFest 2020 Digelar Virtual untuk Pertama Kali

Beberapa tahun lalu, melalui acara YouTube FanFest, para kreator video dan penggemar dapat bertemu langsung dan berpesta. Kini, pesta itu berlangsung secara virtual. Kendati suasananya berbeda, mereka tetap antusias. YouTube FanFest merupakan ajang tahunan yang pada 2019, Youtube FanFest dibuka di empat kota, yakni Bandung, Surabaya, Makassar, dan Yogyakarta. Acara puncak kemudian digelar di Jakarta.

Tahun ini, acara tersebut mesti digelar secara virtual akibat pandemi. Acara disiarkan langsung lewat kanal YouTube FanFest pada Minggu sore, 11 Oktober 2020. Managing Director Youtube Asia Pacific Gautam Anand berharap agar acara tahun ini tetap menggembirakan. ”Kami berharap, acara edisi tahun ini menyebarkan kegembiraan, optimisme, dan kebersamaan yang kita semua butuhkan saat ini,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (12/10/2020).

Youtube FanFest 2020 Digelar Virtual untuk Pertama Kali

Banyak peningkatan jumlah kreator dari berbagai penjuru Indonesia. Saat ini, Indonesia adalah penyumbang terbesar dan pasar yang tumbuh paling cepat secara global. Antusiasme penggemar tampak di kolom komentar YouTube. Sejak pukul 16.00 waktu Jakarta, warganet dari beragam negara tak henti menyampaikan komentar dan dukungan. Hingga pukul 19.45, tercatat ada lebih dari 328.000 orang yang menonton.

Pesan Positif dalam Tiap Penampilan

Di segmen Indonesia, kreator YouTube Andovi dan Jovial menyiarkan cuplikan-cuplikan YouTubee FanFest yang mereka ikuti enam kali. Dalam setiap penampilan, mereka konsisten menyampaikan pesan positif kepada anak muda, salah satunya untuk tidak saling membenci.

Jovial mengatakan, pesan itu sudah disampaikan melalui kanal YouTube mereka sejak beberapa tahun silam. Cara menyampaikannya berbeda-beda, tergantung dari kreativitas. Ia mendorong para kreator untuk mengembangkan kreativitas dan tidak hanya mengikuti tren. ”Tahun ini adalah YouTubee FanFest kami yang terakhir. Pesan saya ada satu, YouTube itu sarana untuk memberi suara untuk mereka yang tidak (bisa) bersuara. Sayang jika tidak memberi penampilan yang maksimal di YouTube FanFest,” kata Andovi.

[Baca Juga: Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan Seni Via Youtube Kala Pandemi]

Head of Consumer Marketing Google Indonesia Fibriyani Elastia mengatakan, YouTube FanFest di Indonesia adalah yang terbesar secara global. Pada 2018, Youtube FanFest di empat kota (Bandung, Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta) dihadiri 58.000 penonton dengan total 122 kreator. ”Banyak peningkatan jumlah kreator dari berbagai penjuru Indonesia. Saat ini, Indonesia adalah penyumbang terbesar dan pasar yang tumbuh paling cepat secara global,” ujar Fibriyani seperti diberitakan Kompas.id (12/10/2018).

Sebelumnya, kreator YouTube dari AS Kurt Hugo Schneider mengatakan, YouTube membawa makna baru bagi interaksi antara penonton dan artis. Penonton tidak sekadar menyaksikan, tetapi juga bisa membagikannya ke media sosial dan memberi komentar. Dengan kondisi itu, hampir sulit memprediksi siapa yang akan menjadi bintang YouTube selanjutnya.

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.