DUREN SAWIT_KULINER_YUK BERBURU MASAKAN SUNDA DI RAWAMANGUN (2)_IVAN_1100 px X 600 px-01.jpg

Kuliner

Yuk, Berburu Masakan Sunda di Rawamangun (1)

Indonesia kaya akan suku dan budaya. Inilah yang membuat negeri ini punya berbagai macam kebiasaan, adat, dan yang paling penting adalah kuliner khas. Seperti suku Sunda, misalnya. Suku yang berasal dari pulau Jawa bagian barat ini punya banyak makanan tradisional. Kelezatan dari berbagai makanan yang kerap disebut masakan Sunda ini pun sudah dikenal khalayak luas. Kondisi ini membuat restoran Sunda menjamur di berbagai wilayah, termasuk Rawamangun.

Berdasarkan hasil penelusuran PingPoint.co.id, sedikitnya ada empat restoran yang menawarkan masakan Sunda di Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Setiap restoran juga punya pilihan menu masakan Sunda yang berbeda-beda. Penasaran dengan dengan restoran tersebut dan menu-menu yang ditawarkannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Riung Tenda

Dari namanya saja, dapat diketahui kalau restoran yang ada di Jalan Balai Pustaka Timur No. 2, Rawamangun ini menawarkan berbagai masakan Sunda. Soalnya, ‘riung’ sendiri merupakan bahasa Sunda yang artinya ‘kumpul’. Konsep Tanah Pasundan ini pun makin jelas ketika Anda melihat daftar menu yang ada di sana.

Di daftar tersebut, tercantum beberapa hidangan seperti empal, nasi timbel, serta lalap dan sambal. Semuanya merupakan masakan Sunda yang sudah terkenal akan kelezatannya. Seperti empal, misalnya, ini bisa dibilang sebagai ‘steak’-nya orang Sunda karena memang terbuat dari daging yang dipotong pipih dan diberi bumbu rempah-rempah. Hanya saja, empal ini digoreng, bukan dibakar. Kendati demikian, rasanya sangat nikmat dan sangat autentik.

[Baca Juga : Makanan Tradisional Nan Sehat di Warung Daun Cikini dan Kedai Tjikini]

Adapun nasi timbel, lalapan dan sambal, merupakan satu paket komplit yang terdiri dari nasi yang dimasak dengan bungkus daun pisang, serta dedaunan segar dan sambal sebagai pemberi sensasi pedasnya. Lauk nasi ini bisa disesuaikan dengan selera, apakah itu ayam bakar, goreng, atau ikan teri. Semuanya dijamin nikmat dan bisa dinikmati di Riung Tenda setiap hari antara pukul 10.00-22.00 WIB.

Kedai Locale

Tempat makan yang ada di Jalan Balai Pustaka No.C-6, Rawamangun ini memang bukan restoran khas Sunda, melainkan Indonesia secara keseluruhan. Konsepnya pun memang terlihat sangat tradisional Nusantara. Sementara jika dilihat dari buku menu yang ada di sana, restoran yang buka setiap hari dari pukul 10.00-23.00 WIB ini memiliki berbagai macam kuliner khas daerah.

Khusus untuk masakan Sunda, Kedai Locale punya batagor, sampeu, dan asinan sayur. Batagor adalah akronim bakso tahu goreng dan merupakan kudapan khas Bandung. Bakso dan tahu isi olahan ikan tenggiri ini diguyur saus kacang sehingga terasa sangat lezat di lidah. Sementara sampeu yang berarti singkong jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, diolah menjadi berbagai kudapan yang unik dan lezat. Salah satunya adalah digoreng sehingga menjadi sampeu goreng. Kedai Locale memberi tambahan topping cokelat dan keju sehingga jadi Sampeu Gureng Cokelat Keju yang gurih dan crunchy dalam satu gigitan.

[Baca Juga : Lebih Sehat dengan Makanan Bebas Gluten di BSD Serpong]

Untuk asinan sayur, ini merupakan makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka). Bahan yang diacarkan sendiri berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Rasanya sedikit asam dan gurih saat dilidah. Cocok untuk penggemar kuliner sejenis rujak dengan sensasi pedas yang khas. Berbagai hidangan atau masakan Sunda ini juga bisa dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau.

Selanjutnya


Read More

Artikel Lainnya

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

27 September 2021, 19:07

Lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup, di sisi lain mereka masuk kelompok rentan. Pelayanan kesehatan pada kelompok lansia pun terus ditingkatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.