DUREN SAWIT_KULINER_YUK BERBURU MASAKAN SUNDA DI RAWAMANGUN (2)_IVAN_1100 px X 600 px-01.jpg

Kuliner

Yuk, Berburu Masakan Sunda di Rawamangun (2)

Lesehan Gurame

Lesehan Gurame adalah restoran yang terletak di Jalan Pemuda, Rawamangun. Restoran ini buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00 WIB. Berbagai menu tradisional Indonesia tersedia di restoran ini, termasuk masakan Sunda yang terkenal gurih dan nikmat. Berbagai masakan yang dimaksud antara lain empal, karedok, dan berbagai jenis pepes.

Sudah dijelaskan sebelumnya kalau empal merupakan ‘steak’ orang Sunda. Sementara karedok, adalah makanan sejenis pecel yang bisa dipadukan dengan lontong atau nasi. Bedanya dengan pecel, karedok menggunakan sayur-sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Sayur-sayuran itu terdiri dari mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya, merupakan bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula merah, garam, dan terasi.

[Baca Juga : 5 Tempat Makan di Kemang yang Menyediakan Makanan Sehat]

Untuk jenis pepes-pepesan, Lesehan Gurame menyediakan Pepes Oncom Pete dan Pepes tahu. Pepes sendiri adalah cara khas orang Sunda untuk mengolah bahan makanan dengan bantuan daun pisang untuk membungkus isian beserta bumbunya. Semua bahan olahan dan bumbu itu kemudian dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering. Atau, bisa juga dikukus sampai isian matang dan daun berubah warna. Sebab itulah pepes-pepesan ini mengeluarkan aroma yang menggoda dan menambah nafsu makan.

Selain beberapa menu di atas, beberapa olahan ikan gurame dan ikan mas yang disajikan dengan sambal dan saus kecap khas Sunda juga ada Lesehan Guram. Banyaknya masakan Sunda ini membuat pengunjung atau penggemar makanan tradisional khas Tanah Pasundan memiliki beragam alternatif pilihan saat memilih hidangan.

Soerabi Enhaii Bandung

Meski sangat terkenal di Solo dan sekitarnya, tetapi sebenarnya, serabi adalah makanan khas Sunda. Nama serabi atau surabi sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘besar’. Sejak tahun 1920-an, serabi menjadi jajanan pasar yang cukup terkenal. Hebatnya, jajanan pasar ini tetap populer sampai sekarang. Bahkan kini, banyak rumah makan yang menawarkan menu khas tersebut. Keberadaan rumah makan ini pun tidak hanya di Jawa Barat, melainkan di beberapa wilayah lain seperti Jakarta pun ada. Seorabi Enhaii Bandung yang ada di Jalan Pemuda No.18, Rawamangun adalah salah satunya.

Dilihat dari namanya, tempat makan serabi yang buka dari pukul 10.00-22.00 WIB ini jelas berasal atau berpusat di Bandung, Jawa Barat. Sebab memang, dari sanalah serabi berasal. Sementara ketika bicara soal menunya, Soerabi Enhaii Bandung ini tidak hanya menyediakan serabi original yang diberi taburan oncom (produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kacang), tapi juga ada surabi yang lebih modern karena diberi topping khusus. Beberapa topping itu adalah coklat, keju, nangka, susu, pisang, jagung, durian, Oreo, es krim, dan strawberry. Bahkan bagi mereka yang suka makanan pedas, tempat ini juga menyediakan surabi sosis, ayam, telur, serta kornet. Ada juga surabi mayones dan durian yang lembut dan lumer di mulut.

[Baca Juga : Menikmati Makanan Jawa Timur di Wisata Kuliner Bintaro]

Jika sedang tidak ingin surabi atau masakan Sunda yang lainnya, tempat makan ini juga menyediakan menu-menu lain. Beberapa di antaranya adalah aneka mi, kwetiau bihun, nasi goreng, sop buntut, asem-asem daging, dan lainnya. Jadi, tidak perlu ragu untuk menjadikan Soerabi Enhaii Bandung cabang Rawamangun ini sebagai tempat makan bersama teman dan keluarga.

Sebelumnya

Read More

Artikel Lainnya

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.

14 Hari Kedepan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

Berita Kawasan

14 Hari Ke Depan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

04 December 2020, 13:49

Hal ini sebagai tindak lanjut atas kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional yang diambil sebagai langkah penanganan pandemi di Kota Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.