Tips Diet Kantong Plastik ala Tiza Mafira

Properti dan Solusi

Yuk Dicoba! Tips Diet Kantong Plastik ala Tiza Mafira

Tiza Mafira, namanya mulai dikenal kalangan luas setelah mendapat penghargaan Ocean Heroes dari Badan Lingkungan PBB (UN Environment Programe) pada 8 Juni 2018. Penghargaan itu Ia dapatkan setelah melakukan berbagai sosialisasi dan juga membuat sebuah gerakan tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan sekitar.

[Baca Juga: Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang]

Tiza yang juga pengagas dari Gerakan Diet Kantong Plastik ini mengajak masyarakat untuk mulai meninggalkan kantong plastik. Hal itu karena plastik berdampak buruk bagi kehidupan sekitar. Terlebih bagi kehidupan makhluk hidup di dasar laut karena sifat plastik yang tidak mudah terurai.

Perjuangan Tiza Mafira Dalam Menggalakan Diet Kantong Plastik

Walaupun kini gerakannya mulai berpengaruh dan telah diterapkan di berbagai daerah, Tiza tetap tidak berhenti untuk terus menyebarkan hal positif ini pada semua orang. Beberapa kali juga Tiza bersama teman-temannya mengadakan kampanye kepada masyarakat. Salah satu kampanye yang dia beri nama “Rampok Plastik” di mana targetnya adalah masyarakat yang masih menggunakan kantong plastik. Nantinya, Kantong plastik itu diambil dan diganti dengan tas belanja yang bisa dipakai ulang.

Selain itu bagi masyarakat yang juga ingin menerapkan Gerakan Diet Kantong Plastik, kalian bisa mengikuti tips yang diberikan oleh Tiza Mafira seperti:

Kode Segitiga dengan Angka 4

1) Menolak Plastik Saat Berbelanja

Mulailah dengan bergaya hidup ramah lingkungan. Beranikan diri untuk menolak penggunaan kantong plastik yang biasa ditawarkan ketika berbelanja. Pastikan juga selalu membawa dan menggunakan reusable bag ke mana pun kalian pergi.

Kode Segitiga dengan Angka 1

2) Membawa Tumbler

Membawa tumbler juga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk ikut diet kantong plastik. Menggunakan tumbler sendiri berarti juga mengurangi penggunaan sedotan plastik yang biasanya ditawarkan ketika kita memesan minuman.

Kode Segitiga dengan Angka 6

3) Batasi Pemesanan Makanan Secara Online

Cobalah untuk membawa bekal dengan menggunakan kotak makanan sendiri. Karena memesan makanan melalui sistem antar online akan menghadapkan kita pada banyaknya sampah plastik. Dalam pesanan satu makanan saja, bisa lebih dari dua plastik yang akan kita dapatkan di dalamnya. Dan semuanya menjadi sampah yang tidak terpakai. Kalaupun terpaksa memesan makanan secara online, pastikan kalian meminta untuk mengurangi penggunaan plastik, salah satunya dengan menolak penggunaan sendok dan garpu plastik.

[Baca Juga: Perjuangan Tiza Mafira dalam Menggalakan Diet Kantong Plastik]

Sebelum lingkungan kita mulai rusak karena keberadaan sampah plastik, yuk mulai sekarang batasi penggunaan plastik dalam hidup kita.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.